Pentingnya Penggunaan Merek Produk Makanan Ringan (Keripik dan Dodol Tomat) Bagi Masyarakat Sesaot Suranadi

Penulis

Kadek Ananta Husada Arsa , Anak Agung Ayu Niti Wedayani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3414

Diterbitkan:

2023-03-16

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Merek, mutu, kualitas, keripik dan Dodol Tomat.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Husada Arsa, K. A. ., & Niti Wedayani, A. A. A. . (2023). Pentingnya Penggunaan Merek Produk Makanan Ringan (Keripik dan Dodol Tomat) Bagi Masyarakat Sesaot Suranadi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 293–296. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3414

Abstrak

Latar Belakang: Merek dapat menjadi faktor pendorong suatu produk memiliki penjualan besar. Undang – undang No.20 Tahun 2016 tentang merek dan Indikasi Grafis, penggunaan merek merupakan kebutuhan para pelaku usaha untuk memasarkan hasil produksi. Keuntungan dari suatu produk memiliki merek adalah dapat sebagai tanda pengenal suatu produk, sebagai sarana promosi, untuk menjamin kualitas dan dapat sebagai petunjuk asal dari suatu barang.

Analisis Situasi: Masyarakat Desa Sesaot, Suranadi yang menjadi pelaku usaha tidak memahami pentingnya merek pada kemasan suatu produk usaha.

Metode Pendekatan : Dengan metode penyuluhan pentingnya merek pada suatu kemasan suatu produk usaha, serta cara mendaftarkan dan membuatnya, sehingga mampu meningkatakan kualitas dan mutu dari suatu hasil produksi.

Hasil dan pembahasan: Kegiatan penyuluhan di Desa Sesaot Suranadi diawali dengan pembukaan oleh Kepala Desa Bersama Perwakilan dari Program Magister Hukum Universitas Udayana, yaitu: Kadek Ananta Husada Arsa, S.H. Berdasarkan Tema besar yang diangkat, muatan materi Hukum Hak Milik Intelektual yang diberikan lebih berfokus pada merek. Penyuluhan dihadiri oleh pejabat desa dan pelaku usaha keripik dan dodol tomat yang belum mencantumkan merek. Penyuluhan dihadiri oleh 38 peserta.

Referensi

Andrew Betlehn, Prisca Oktaviani Samosir (2018). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Industri Umkm Di Indonesia, Law and Justice Journal, Volume 3, Nomor 1.

Ernis, Y. (2018). Implikasi Penyuluhan Hukum Langsung terhadap Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 18(4), 477. https://doi.org/10.30641/dejure.2018.v18.477-496Iffan

Alif Khoironi. (2013). Implementasi Pendaftaran Merek Sebagai Bentuk Perlindungan Hukum Pada Home Industry Eggroll. Unnes Law Journal, 2(2), 129–136.

Indardi. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Keripik Singkong Di Semuluh Kidul, Semanu, Gunung Kidul, Jurnal BERDIKARI Vol.6 No.1.

Sardjono, A. (2013). Pelaksanaan Perlindungan Hukum Merek Untuk Pengusaha UKM Batik Di Pekalongan,Solo, dan Yogyakarta, Jurnal Hukum dan Pembangunan, Vol.4.

Wahyudi & Ananda Putri Nur Amalia. (2022). Tata Cara Pendaftaran Merek Dalam Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Lingkungan Karang Taruna Padalarang Kabupaten Bandung Barat. 15–22.

Yuni Sudarwati & Venti Eka satya. (2016). Jurnal Strategi Pengembangan Merek

usaha Mikro, Kecil & Menengah.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).