Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Sistem Peredaran Darah

Penulis

Tri Ayu Lestari , Saepul Pahmi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3421

Diterbitkan:

2023-04-24

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Lesson Study, Pembelajaran Inquri, Sistem Peredaran Darah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lestari, T. A., & Pahmi, S. (2023). Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 42–46. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3421

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Siswa kelas IX di SMPN Satap Mataiyang selama ini kesulitan belajar pada materi sistem peredaran darah. Alasan yang dikemukakan siswa adalah materi yang abstrak. Kegiatan lesson study dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan penerapan model pembelajaran inkuiri. Kegiatan lesson study akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 yang diawali dengan persiapan yakni mulai dari kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran akan diobservasi oleh 5 guru di SMPN Satap Mataiyang. Hasil kegiatan berdasarkan masing-masing obeserver menyatakan bahwa pelaksanaan lesson studi sudah baik guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, Semua siswa terlihat aktif dalam kelompoknya untuk menjawab pertanyaan di LKS. Hasil evaluasi siswa menunjukan perubahan pengetahuan yang dimiliki siswa menjadi lebih tinggi dari sebelumnya (rata-rata nilai gain: 0,67) Hasil pekerjaan siswa yang dijaring melalui LKS menunjukan 4 kelompok memperoleh nilai 90, 1 kelompok memperoleh nilai 80 dan 1 kelompok memperoleh nilai 70. Simpulan yang dapat diperoleh dari data tersebut bahwa model pembelajaran inquiry ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas pada materi kelainan sistem peredaran darah dengan tingkat kemampuan siswa yang heterogen.

Referensi

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1992. Models of Teaching. USA. Allyn adn Bacon.

Putra, R.S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sund, Robert B. & Trowbridge, Leslie W. (1973). Teaching Science By Inquiry in The Secondary School Second Edition. London: Charles E. Merrill Publishing Company

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Biografi Penulis

Tri Ayu Lestari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).