Pemanfaatan Limbah Kulit Ari Kacang Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pakan Ikan Di Desa Dasan Geriya, Lombok Barat

Penulis

Sahrul Alim , Lalu Mukhtar Atmawinata , Nuri Muahiddah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3438

Diterbitkan:

2023-06-05

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Pakan Ikan, Limbah Kulit Kacang, Pengelolaan Limbah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Alim, S. ., Atmawinata , L. M. ., & Muahiddah, N. . (2023). Pemanfaatan Limbah Kulit Ari Kacang Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pakan Ikan Di Desa Dasan Geriya, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 100–104. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3438

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat Desa Dasan Geriya di Lombok Barat, Indonesia, untuk memproduksi pakan ikan dari bahan limbah, khususnya kulit kacang. Program ini terdiri dari beberapa tahap, termasuk pelatihan produksi pakan ikan menggunakan kulit kacang sebagai bahan baku, penyediaan alat dan peralatan untuk proses produksi, serta membantu masyarakat dalam pemasaran pakan ikan. Keberhasilan program ini dievaluasi melalui survei dan observasi, yang menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam produksi pakan ikan menggunakan kulit kacang. Masyarakat juga berhasil memproduksi dan menjual pakan ikan secara sukses di pasar lokal, sehingga menghasilkan peningkatan pendapatan mereka. Program ini tidak hanya memberikan solusi untuk pengelolaan limbah tetapi juga berkontribusi pada perkembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. Program ini menunjukkan potensi penggunaan limbah seperti kulit kacang dalam produksi pakan ikan sebagai alternatif yang berkelanjutan untuk bahan pakan konvensional. Hal ini juga menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dan peningkatan kapasitas dalam mempromosikan praktik berkelanjutan.

Referensi

Basuki, F. H., & Eko, I. (2017). Pengaruh penggunaan tepung kulit kacang tanah pada pakan terhadap pertumbuhan ikan nila. Jurnal Kelautan Tropis, 20(1), 19-26.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat. (2021). Data produksi perikanan Nusa Tenggara Barat tahun 2020.

Erfiana, I., Safar, M., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Dewi, S. S., Damayanti, W., & Yulita, Y. (2022, August). Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Tanah dan Sekam Padi dalam Pembuatan Biofoam Kemasan Ramah Lingkungan. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 2, pp. 351-360).

Nurulita, A., Dewi, P., & Kusumo, F. (2019). Community service program on fish feed production using peanut shells as raw materials in Sayang-Sayang, West Lombok. Journal of Physics: Conference Series, 1338(1), 012112.

Nugroho, R. A., Anggraini, A. D., & Darmawan, D. (2016). Formulasi pakan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) dengan penambahan tepung kulit kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Jurnal Akuakultur Indonesia, 15(1), 9-18.

Sudaryanti, D. S., Munawar, A. H., Sahroni, N., & Badriatin, T. (2022). Community Empowerment Through Diversification Of Processed Fish Towards Food Security Based On Local Wisdom In The Pandemic Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 5(1), 29-40.

Sundari, T. E., Pangestuti, R., & Cahyana, U. (2020). Nutrient composition of shrimp feed with different levels of coconut shell waste. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 415(1), 012013.

Tandel, R. S. (2013). Coconut palm (Cocos nucifera L.: Arecaceae): in health promotion and disease prevention. Asian Pacific journal of tropical medicine, 6(10), 807-818.

Prihutami, K. (2017). Kadar Serat Kasar dan Protein Kasar Kulit Kacang Tanah yang Difermentasi secara Bertingkat Menggunakan Trichoderma Viridae dan Saccharomyces Cerevisiae (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Wuryadi, Slamet. (2014). Beternak dan Berbisnis Puyuh: 3, 5 Bulan Balik Modal. AgroMedia.

Biografi Penulis

Nuri Muahiddah, universitas mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).