Pendampingan Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Mendeley Sebagai Perpustakaan Digital Pribadi

-

Penulis

Santi Farmasari , Dewi Satria Elmiana , Baharuddin , Andra Ade Riyanto , Aulia Dwi Amalina Wahab

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3455

Diterbitkan:

2023-04-24

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Mendeley Desktop; Pendampingan; Perpustakaan Digital Pribadi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Farmasari, S., Elmiana, D. S. ., Baharuddin, Riyanto, A. A. ., & Wahab, A. D. A. . (2023). Pendampingan Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Mendeley Sebagai Perpustakaan Digital Pribadi: -. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 71–75. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3455

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan untuk mendampingi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi atau tugas akhir lainnya menggunakan aplikasi Mendeley sebagai aplikasi perpustakaan digital pribadi mereka. Perpustakaan digital pribadi ini dapat kemudian mereka manfaatkan untuk menyimpan dan mengolah pustaka yang mereka gunakan untuk menyusun skripsi atau tugas akhir lainnya. Pengabdian pada masyarakat ini diikuti oleh 60 orang mahasiswa dari 5 perguruan tinggi di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pelatihan menambahkan pustaka ke Mendeley Desktop secara manual dan otomatis dari komputer atau jurnal online yang kemudian dilanjutkan dengan pendampingan untuk menambahkan anotasi di pustaka tersebut. Tahapan berikutnya adalah pelatihan untuk menambahkan catatan-catatatan mereka tentang bacaan yang dibaca, seperti analisa mereka tentang kelemahan dan kekuatan penelitian di pustaka tersebut. Setelah melaksanakan pendampingan dalam beberapa tahapan, kami dapat menyimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang dalam proses penyusunan skripsi atau tugas akhir lainnya. Perpustakaan Digital pribadi yang mereka buat di Mendeley Desktop membantu mereka dalam mengolah dan menelaah pustaka untuk skripsi atau tugas akhir mereka. 

Referensi

Aji. (2016). Mendeley, Aplikasi Wajib Bagi Kamu Para Mahasiswa. Macpoin.Com. https://macpoin.com/13873/mendeley-aplikasi-wajib-bagi-kamu-para-mahasiswa/

Arizal., Listihana, W. D., & Nofrizal. (2019). Mendeley : Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 106–112.

Arransyah, M.K., Bharata,W., Aulia, P.N.,Maulida, A.,& Ismaliana,D. ( 2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa dalam pembuatan daftar Pustaka. Jurnal Plakat, 3 (1), 88-97.

Cahnia, Z.A., Darubekti, N.,& Samosir, F.T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Journal of Information and Library Science, 12 (1), 48- 54.

Palit, E. L., Hutabarat, I. M., & Gultom, M. (2019). Penulisan Karya Ilmiah Dalam Pengembangan Profesi Guru-Guru SMP di Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(1), 48–58.

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75 – 85.

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Biografi Penulis

Santi Farmasari, FKIP Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lektor/IIId

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).