Pengembangan Industri Rumah Tangga Minyak Kelapa Melalui Inovasi Pengemasan Produk dan Digital Marketing di Desa Beleka
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i2.3549Diterbitkan:
2023-06-07Terbitan:
Vol 6 No 2 (2023): April-JuniKata Kunci:
Industri rumah tangga; minyak kelapa; pengemasan produk; digital marketingArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa dan UMKM, terkhusus usaha mikro kecil skala industri rumah tangga dalam mengembangkan usahanya. Metode yang dilakukan dengan pelatihan inovasi pengemasan produk dan pemasaran secara digital, baik melalui media sosial serta platform jualan online. Hasil dari kegiatan ini telah berubahnya kemasan minyak goreng kelapa IRT di Desa Beleka. Dimana dulunya kemasan menggunakan botol mineral bekas yang dapat menyebabkan minyak goreng kelapa berbau apek, dan kini menjadi minyak goreng kelapa dalam kemasan berlebel dengan tutup yang rapat. Kegiatan ini juga menjadikan jangkauan pemasaran minyak goreng kelapa “Inaq Kake†semakin luas. Hal ini dikarenakan telah merambahnya pemasaran produk secara online, dimana sebelumnya hanya melakukan pemasaran secara langsung di pasar. Selain melakukan pelatihan, kegiatan ini juga melakukan pemberian bantuan kemasan dan label kepada mitra
Referensi
Azlam, R., & Asse, A. (2018). STRATEGI PEMASARAN ONLINE (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING WARUNK BAKSO MAS CINGKRANK DI MAKASSAR) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 7, Issue 2). http://upeks.fajar.co.id.
Dewi, N. Y. S., Muanah, M., Ghazali, M., & Nurhayati, N. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS INDUSTRI MINYAK KELAPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10810
Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., & Kasanova, R. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk UMKM Di Desa Larangan Tokol Jawa Timur. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(3), 2275–2288.
Irawan, D., Triana, N., Suwarni, L., & Selviana. (2020). Edukasi Protokol Kesehatan Dan Strategi Pemasaran Online Melalui Program Kemitraan Masyarakat Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(4), 660.
Legowo, H., Wulandari, R., & Oktyawati, D. (2018). Pelatihan Pengemasan Produk Wingko Ungu Hasil Produksi Kelompok Usaha Wingko Ungu Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 91. https://doi.org/10.22146/jp2m.43466
Lusianingrum, F. P. W., Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2021). Pelatihan labeling kemasan produk UMKM mitra binaan Posyantek Al-Ikhlas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 624–632.
Maulidasari, C. D., & Damrus, D. (2020). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233–245. https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2620
Muanah, M., Yanti Sandra Dewi, N., Ghazali, M., Azhari, Kusuma Wardi, H., & Nurhayati, N. (2022). Implementasi Mesin Peras Santan Tipe Screw Guna Meningkatkan produktivitas Minyak Kelapa Di IKM-Al Iffah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 364–368. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2553
Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline. Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(1), 55–60. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/2018
Nurhayati, N., Marianah, M., Sari, D. A., Asmawati, A., Syafitri, D., Ihromi, S., & Ghazali, M. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI PROSES UNTUK KEBERLANGSUNGAN PRODUKSI MINYAK GORENG KELAPA DI DUSUN BILATEPUNG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.9563
Reniati, R., Sumiyati, S., & Akbar, M. F. (2021). Pelatihan pengolahan ikan dan pengemasan produk pertanian untuk pengembangan industri hilir desa Labuh Air Pandan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3442
Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126
Setiawan, I., Ibrahim, Isnaini, Anugrah, M., Aslamiah, M., & Nurhayati. (2021). Peran Pasar Digital di Era Pandemi pada Wirausaha Muda di Banyumulek. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), Art. 4. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1161
Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. In Jurnal Sain Manajemen (Vol. 2, Issue 1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.352
Sulastri, Y., Ibrahim, I., Ghazali, M., & Nurhayati, N. (2021). IMPLEMENTASI ALAT PENGUPAS DAN MESIN PARUT KELAPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI MINYAK KELAPA DI IKM SAKRA TIMUR. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 274–279. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3503
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1–24. www.ekrut.com
Wahyujatmiko, S., Hadi, I. Y., Tinggi, S., Ekonomi, I., Ekatana, I., & Yogyakarta, U. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN ONLINE MAKARONI HUHHAH YOGYAKARTA (Vol. 9, Issue 2). Oktober.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan Dalam Meningkakan Pemasaran Umkm Di Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.
Wijaya, A. L., Fauziah, M. N., & Pangastuti, P. K. (2021). Pelatihan Pengemasan Produk dan Pengelolaan Akun Marketplace pada Usaha Mikro â€Namida†Masker Magetan. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 150–154. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2122
Yanti, N., & Dewi, S. (n.d.). Increasing Tourism and Halal Products in The Mandalika Circuit Area Through Sharia Homestay. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3958
Biografi Penulis
Novi Yanti Sandra Dewi, Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram
Mursal Ghazali, Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram
Azhari, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram
Hasri Kusuma Wardi, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram
Nurhayati Nurhayati, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).