Pelatihan Implementasi Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i1.3550Diterbitkan:
2023-04-02Terbitan:
Vol 6 No 1 (2023): Januari - MaretKata Kunci:
Masa Pandemi; Pembelajaran DaringArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pandemi Covid-19 menjadikan proses pembelajaran dilaksankan secara daring atau online. Sehingga perlu adanya media pembelajaran yang efektif salah satunya adalah mobile learning. Mobile learning merupakan media pembelajaran kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone, tab, handphone dan lainnya. Maka pembelajaran mobile learning dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun diperlukan. Artikel ini akan menjelaskan tentang pelatihan implementasi pembelajaran daring dapat membantu masyarakat dalam memahami dan menggunakan teknologi dengan menggunakan konsep mobile learning.
Referensi
Amri, M. I. U., Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2020). Dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi anak sekolah dasar pada situasi pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 13–23. https://pdfs.semanticscholar.org/8c68/251df31882e99edb8dc51b7b44cac9a11062.pdf
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 47–56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Azizah, L. S. N., Ispiyana, N., & Nuryah, S. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 245–256. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/3171
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan. Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Dori, D. L. H., & Firmansyah, D. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru di Kabupaten Karawang. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 3(1), 8–25. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/EJPP/article/view/467
Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting) Di Smp Mbs Al Amin Bojonegoro. Cendekia, 12(2), 161–178. https://www.academia.edu/download/88249221/134-Article_Text-575-1-10-20201027.pdf
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. http://repository.upi.edu/32320/
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
MENDIKBUD, R. I. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19. Nomor, 03.
Naibaho, C. D. U. (2021). Kontribusi Intensitas Pemakaian Gadget dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. https://repo.undiksha.ac.id/6144/
Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis/article/view/4895
Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851
Peraturan Pemerintah, R. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19. Nomor, 21.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran toko roti di Pabian Sumenep. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.
Sawitri, D. (2020). Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21. https://doi.org/10.35447/prioritas.v2i01.161
Suhrawardi, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4170
Undang-undang, R. I. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Nomor, 20.
Biografi Penulis
Dori Lukman Hakim, Universitas Singaperbangsa Karawang
Dani Firmansyah, Universitas Singaperbangsa Karawang
Intan Purnamasari, Universitas Singaperbangsa Karawang
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).