Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga sebagai Pupuk Kompos di Desa Sebanen, Kalisat, Jember

Penulis

Riza Yuli Rusdiana , Indri Fariroh

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3567

Diterbitkan:

2023-06-14

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

kompos, organik, pupuk, sampah, sebanen

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rusdiana, R. Y., & Fariroh, I. (2023). Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga sebagai Pupuk Kompos di Desa Sebanen, Kalisat, Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 252–256. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3567

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Petani di Desa Sebanen masih menerapkan sistem pertanian konvensional, dimana pupuk kimia dianggap memberikan hasil panen yang baik serta menguntungkan. Penggunaan pupuk kimia yang intensif serta minimnya informasi pemanfaatan sampah rumah tangga sebagai pupuk kompos dijadikan dasar dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sebanen. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu persiapan awal, penyuluhan, praktek, dan evaluasi. Persiapan awal dilakukan untuk meminta izin pelaksanaan pengabdian kepada kepala desa dan ketua RT 01 RW 01. Penyuluhan dan praktek dilakukan sekaligus dengan metode ceramah interaktif tentang pupuk anorganik dan organik serta cara pengolahan limbah rumah tangga untuk pupuk kompos. Kegiatan evaluasi dilaksanakan tiga minggu setelah kegiatan penyuluhan. Hasil kegiatan pelatihan pembuatan pupuk kompos berbahan dasar sampah rumah tangga berjalan lancar ditunjukkan dengan respon peserta pelatihan yang sangat baik dan antusias dalam mengajukan pertanyaan. Informasi tentang pembuatan kompos sederhana yang sudah dilakukan menimbulkan minat bagi peserta untuk mencoba mempraktikkan sendiri di rumah. Sekitar 40% dari peserta pelatihan sudah membuat pupuk kompos berbahan sampah rumah tangga secara mandiri dan telah diaplikasikan pada tanaman sayur dan hias yang ada di pekarangan rumah peserta.

Referensi

Aristoteles, Miswar, D., Bernando, S.DA.H., Prayoga, A., Wulandari, A.N., Yasami, I.E., Prambudiningtyas, D.M., Laksono, K.A., & Hutauruk, G.A. (2021). Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Organik Rumah Tangga di Desa Gedung Harapan, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. BUGUH, 1(1), 17-24.

Dahlianah, I. (2015). Pemanfaatan Sampah Organik Sebagai Bahan Baku Pupuk Kompos dan Pengaruhnya Terhadap Tanaman dan Tanah. Klorofil: Jurnal Ilmu-Ilmu Agroteknologi, 10(1), 10-13.

Hartatik, W., Husnain, & Widowat, R. (2015). Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. Jurnal Sumberdaya Lahan, 9(2), 107-120.

Ngapiyatun, S., Rahman, A., Aziza, H., Winarni, B., & Wartomo. (2020). Pemanfaatan Limbah Sampah Kota sebagai Kompos. Buletin LOUPE, 16(2), 1-6.

Nur, T., Noor, A.R., & Elma, M. (2016). Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Bioaktivator EM4 (Effective Microorganisms). Konversi, 5(2), 5-12.

Rini, W.N.E., Aswin, B., & Hidayati, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Kompos dari Sampah Organik Rumah Tangga dengan Komposter Ember. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 116-121.

Roidah, I.S. (2013). Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo, 1(1), 30-42.

Sapareng, R., Mudaffar, R.A., & Rahim, R. (2019). Efektifitas Pupuk Organik Hayati Pada Pra Nursery Bibit Kelapa Sawit. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 4(1), 161-168.

Setiawati, D. & Elfarisna. (2021). Analisis Beberapa Hara Kompos Limbah Rumah Tangga sebagai Pupuk Organik. Prosiding Seminar Nasional Universitas Sebelas Maret Surakarta, 5(1), 570-578.

Siagian, S.W., Yuriandala, Y., & Maziya, F.B. (2021). Analisis Suhu, pH dan Kuantitas Kompos Hasil Pengomposan Reaktor Aerob Termodifikasi dari Sampah Sisa Makanan dan Sampah Buah. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 13(2), 166-176.

Siswati, L., Nizar, R., & Ariyanto, A. (2020). Pengolahan Sampah Rumah Tangga menjadi Kompos di Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 519-524.

Suliartini, N.W.S., Isnaini, Khaifa, L., Aini, U.I., Firdaus, M.R., Solehah, S.S.B., & Hafizah, G.T.R. (2021). Pengolahan Sampah Rumah Tangga yang Mudah dan Murah sebagai Pupuk Organik untuk Pelestarian Lingkungan Melalui Metode Takakura. Jurnal Gema Ngabdi, 4(1), 77-84.

Sutrisno, E., Wardhana, I.W., Budihardjo, M.A., Hadiwidodo, M., & Silalahi, R.I. (2020). Program Pembuatan Pupuk Kompos Padat Limbah Kotoran Sapi dengan Metoda Fermentasi Menggunakan EM4 dan STARBIO di Dusun Thekelan Kabupaten Semarang. Jurnal Pasopati, 2(1), 13-16.

Triawan, D.A., Fitriani, D., & Nesbah. (2020). Pembuatan Pupuk Organik dari Sampah Rumah Tangga di Perumahan Bukit Dewa Residence Kota Bengkulu. Jurnal Dharma Bakti, 3(1), 73-79.

Yetri, Y., Nur, I., & Hidayati, R. Produksi Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga. Jurnal Katalisator, 3(2), 77-81.

Biografi Penulis

Riza Yuli Rusdiana, Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Indri Fariroh, Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).