Penulisan Sastra Sebagai Upaya Pemajuan Literasi di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah

BIOCOMPOS PRODUCTION BY UTILIZING CATTLE WASTE IN LENDANG NANGKA UTARA VILLAGE

Penulis

Nuriadi Nuriadi , Boniesta Melani , Eka Fitriana , Muh. Isnaini

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.3628

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Budaya Literasi, Menulis Sastra, PKM Unram, SMAN 1 Praya.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nuriadi, N., Melani, B., Fitriana, E., & Isnaini, M. (2024). Penulisan Sastra Sebagai Upaya Pemajuan Literasi di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah: BIOCOMPOS PRODUCTION BY UTILIZING CATTLE WASTE IN LENDANG NANGKA UTARA VILLAGE. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 874–881. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.3628

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Makalah ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian di SMA Negeri 1 Praya Lombok Tengah pada 30 Juli 2024 terkait upaya peningkatan kemampuan menulis sastra bagi guru dan siswa sebagai upaya pemajuan literasi di sekolah tersebut. Secara lebih konkrit, makalah ini menyajikan seperti apa pelaksanaan dan signifikansi kegiatan PKM dan bagaimana cara penulisan karya sastra baik prosa fiksi maupun puisi. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian sebelumnya dengan tema yang berbeda meskipun tetap menyaran pada upaya pemajuan literasi. Makalah ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif yang disusun dengan perspektif etnografi atau sesuai fakta yang ada di lapangan. Ditemukan bahwa peningkatan kemampuan literasi di sekolah, khususnya di sekolah menengah atas, dipandang perlu untuk terus dilaksanakan. Hal ini dikarenakan masih rendahnya literasi khususnya kebiasaan tulis menulis di bidang sastra di sekolah tersebut. Literasi, sebagai budaya, belum tampak sebagai atmofir akademik. Padahal, literasi khususnya dalam wujud tulis menulis merupakan indikator kemajuan dan dapat menjadikan generasi bisa berkarakter kreatif serta inovatif. Kegiatan literasi seperti ini seyogyanya perlu dilaksanakan di sekolah secara kontinu dan regular dengan cara pengkondisian serta dengan mengakomodasi minat peserta didik.

Referensi

Alwasilah, Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Creswell, John dan Creswell, David. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Method Approaches. Los Angeles: SAGE.

Detik.Com. 2022. “Top 10 Skor Literasi Membaca Tertinggi di PISA 2022. Tenttangga RI Nomor 1”. www.detik.com.

Gipayana, Muhana, 2004. “Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD”. Jurnal Ilmu Pendidikan, Februari 2004, Jilid 11, No.1.

Ferguson, Brian. 2018. “Information Literacy”. Dalam http://www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf. Diakses 7 Maret 2023.

Nurdiyanti, Eko dan Suryanto, Edy. 2010. “Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Dalam http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/153/104. Diakses 13 Maret 2023.

Kominfo. 2024. “Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos”. Website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Nuriadi. 2016. Theory of Literature: An Introduction. Mataram: Arga Puji Press.

Nuriadi, dan Melani, Boniesta. 2021. “Alternative Method of Teaching Creative Literary Writing: A Case Study of EFL Learners at Indonesian University”. PalArch Journal of Archeology and Egypt/Egyptology. Volume 18. No. 8. Pp. 404-423.

Suyono. 2020. “Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi”. Dalam http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelE81BFBD3CD7A6F4C9ABF8B14D8C4145B.pdf.

Sayuti, Suminto. 2007. “Membaca Jodohnya Menulis”. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat.

Widodo, Slamet dkk. 2015. “Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Diakses pada 24 Oktober 2023.

_________. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2013 tentang Gerakan Literasi di Sekolah. Website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013

Biografi Penulis

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Boniesta Melani, Universitas Mataram

Muh. Isnaini, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Nuriadi Nuriadi, Boniesta Melani, Eka Fitriana, Muh. Isnaini

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).