Penguatan Sains dan Teknologi Bagi Generasi Muda di Kota Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v2i1.363Diterbitkan:
2020-07-06Terbitan:
Vol 3 No 1 (2020)Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Abstrak: Majunya suatu negara dalam bidang iptek sangat tergantung dari keseimbangan dalam kemajuan ilmu dasar dan ilmu terapan, sehingga kurangnya minat generasi muda, dalam hal ini siswa untuk melanjutkan studi ke perguruantinggi, misalnya Fakultas MIPA Universitas Mataram bisa menghambat kemajuan suatu negara dalam bidang iptek. Pemahaman dasar-dasar matematika sebagai alat analisis dan lemahnya konsep dasar sains meyebabkan rendahnya minat siswa untuk melanjutkan studi di bidang sains dan teknologi. Mengatasi kesulitan belajar siswa antara lain dapat dilakukan dengan cara memberikan pemantapan kembali (review) konsep-konsep yang dianggap cukup fundamental sains, dengan metode yang lebih variatif. Secara umum penguatas sains dan teknologi kepada generasi muda di Kota Mataram, dalam hal ini siswa SMA kelas XII SMA melalui pemberian wawasan sains dan teknologi  dapat  menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari sains dan teknolgi. Minat siswa untuk melanjutkan studi di bidang sains dan teknologi juga meningkat.
Â
Kata kunci: Generasi Muda; Minat; Penguatan Sains dan TeknologiReferensi
Hamengkubuono, S. H. (2019). Peranan Sains Dan Teknologi Dalam Kemajuan Bangsa. https://edukasi.kompas.com . 13 Nov. 2019
Baswedan, A. (2019). Generasi muda, Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi. https://www.ristekdikti.go.id . 13 Nov. 2019
Hamid, D. (2019). Peranan Sains Dan Teknologi Dalam Membangun Karakter Generasi Muda. www.umy.ac.id › mendikbud-sains-dan-teknologi. 13 Nov. 2019
Biografi Penulis
Teguh Ardianto, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Mataram, Indonesia
Mamika Ujianita Romdhini, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Mataram, Indonesia
Suripto Suripto, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Mataram, Indonesia
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).