Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Bagi Guru SD di Kota Ambon

Penulis

Marleny Leasa , Marleny Leasa , Johanes Pelamonia , Melvie Talakua , Melvie Talakua , John Rafafy Batlolona

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3631

Diterbitkan:

2023-04-13

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Guru Profesional; Penyusunan Perangkat Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kreatif; Guru SD di Kota Ambon

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Leasa, M. ., Leasa, M. ., Pelamonia, J. ., Talakua, M. ., Talakua, M. ., & Batlolona, J. R. . (2023). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Bagi Guru SD di Kota Ambon. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 374–379. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3631

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan utama untuk menghasilkan produk berupa perangkat dan instrumen evaluasi berorentasi keterampilan berpikir kreatif. Selama ini guru sulit memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa karena desain dan pola pembelajarannya masih tradisional berbasis pencapaian kognitif tingkat rendah. Pada sisi lain, guru terbatas dalam mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan kinerja dan profesinya termasuk informasi tentang kompetensi dan keterampilan dalam membelajarkan siswa sesuai dengan kebutuhan zaman. Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan dan melatih keterampilan berpikir kreatif siswa SD. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan workshop, yang melibatkan tim sebagai narasumber. Ceramah terkait dengan konten pelatihan berupa prinsip desain perangkat pembelajaran. Konten dan prosedur ini dilakukan untuk mentransmisikan pengetahuan atau wawasan peserta sebelum dilatih, sedangkan workshop bertujuan untuk melatih keterampilan peserta untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir kreatif. Hasil pretes dan posttes yang dicapai oleh peserta menunjukkan adanya peningkatan keterampilan peserta dalam mendesain perangkat pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sebesar 39,2%.

Referensi

Batlolona, J. R., Diantoro, M., Wartono, & Latifah, E. (2019). Creative thinking skills students in physics on solid material elasticity. Journal of Turkish Science Education, 16(1), 48–61. https://doi.org/10.12973/tused.10265a

Casey, E. M., & DiCarlo, C. F. (2018). Early childhood education teachers’ constructs of teacher quality in Belize. Early Child Development and Care, 188(9), 1302–1316. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1337009

Crawford, P. A., Roberts, S. K., & Zygouris-Coe, V. (2019). Addressing 21st-century crises through children’s literature: picturebooks as partners for teacher educators. Journal of Early Childhood Teacher Education, 40(1), 44–56. https://doi.org/10.1080/10901027.2019.1570401

Day, C., & Gu, Q. (2007). Variations in the conditions for teachers’ professional learning and development: Sustaining commitment and effectiveness over a career. Oxford Review of Education, 33(4), 423–443. https://doi.org/10.1080/03054980701450746

Estrada, L., Rodríguez, E., & Meléndez, A. (2018). Healthy choices with problem-based learning: editor: ferman konukman. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(1), 55–57. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1393229

Florian, L., & Camedda, D. (2020). Enhancing teacher education for inclusion. European Journal of Teacher Education, 43(1), 4–8. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1707579

Gurak-Ozdemir, S., Acar, S., Puccio, G., & Wright, C. (2019). Why do teachers connect better with some students than others? exploring the influence of teachers’ creative-thinking preferences. Gifted and Talented International, 34(1–2), 102–115. https://doi.org/10.1080/15332276.2019.1684221

Häkkinen, P., Virtanen, T., Virtanen, A., Näykki, P., Pöysä-Tarhonen, J., Niilo-Rämä, M., & Järvelä, S. (2020). Finnish pre-service teachers’ perceptions of their strategic learning skills and collaboration dispositions. Journal of Education for Teaching, 46(1), 71–86. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1708628

Kane, R. G., & Francis, A. (2013). Preparing teachers for professional learning: is there a future for teacher education in new teacher induction? Teacher Development, 17(3), 362–379. https://doi.org/10.1080/13664530.2013.813763

Keller-Schneider, M., Zhong, H. F., & Yeung, A. S. (2020). Competence and challenge in professional development: teacher perceptions at different stages of career. Journal of Education for Teaching, 46(1), 36–54. https://doi.org/10.1080/02607476.2019.1708626

Krathwohl, D. R. (2009). An of Overview Bloom ’ s Taxonomy. ReVision, 41(4), 212–218.

Leasa, M., Batlolona, J. R., & Talakua, M. (2021). Elementary students ’ creative thinking skills in science in the Maluku Islands, Indonesia. Creativity Studies, 14(1), 74–89.

Leasa, M., Corebima, A. D., & Batlolona, J. R. (2020). The effect of learning styles on the critical thinking skills in natural science learning of elementary school students. Elementary Education Online, 19(4), 2086–2097. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763449

Leasa, M., Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Saimima, A. S. (2021). Problem-solving and creative thinking skills with the PBL model : The concept of the human circulatory system. Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 154–166.

Leasa, M., Papilaya, P. M., Batlolona, J. R., & Nuniary, S. (2023). Project-based learning: changing students’ scientific thinking to be creative from waste natural materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 350–359. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2459

Leasa, M., Talakua, M., & Batlolona, J. R. (2016). The development of a thematic module based on Numbered Heads Together (NHT) cooperative learning model for elementary students in Ambon, Moluccas-Indonesia. New Educational Review, 46(4), 174–185. https://doi.org/10.15804/tner.2016.46.4.15

Malkoç, T. (2015). The variants that effecting creative thinking skills of music teachers. Anthropologist, 21(3), 474–481. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891836

Mazwi, N. R. M. (2019). Reconsidering Mqhayi’s literary canon in relation to his 19th and 20th century works. South African Journal of African Languages, 39(1), 96–101. https://doi.org/10.1080/02572117.2019.1572331

Muskitta, M., Batlolona, J. R., Kesaulya, N., & Manuputty, D. (2023). Analysis of high school students' difficulties in writing scientific papers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 66–73. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2407

Puccio, G. J. (2017). From the dawn of humanity to the 21st century: creativity as an enduring survival skill. Journal of Creative Behavior, 51(4), 330–334. https://doi.org/10.1002/jocb.203

Rowan, L., Brownlee, J. L., & Ryan, M. (2019). Teaching teachers: what [should] teacher educators “know†and “do†and how and why it matters. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 47(3), 210–215. https://doi.org/10.1080/1359866X.2019.1601837

Simal, F., Mahulauw, D., Leasa, M., & Batlolona, J. R. (2022). Self awareness and mitigation of learning loss on students’ science learning outcomes during the covid 19 pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 239–246. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1172

Simpson, P. (1986). Education for profit: the proprietorial schools of bath in the 19th and 20th centuries. Journal of Educational Administration and History, 18(1), 55–61. https://doi.org/10.1080/0022062860180106

Zongozzi, J. N. (2022). Accessible quality higher education for students with disabilities in a south african open distance and e-learning institution: challenges. International Journal of Disability, Development and Education, 69(5), 1645–1657. https://doi.org/10.1080/1034912X.2020.1822518

Zwaal, W. (2019). Assessment for problem-based learning. Research in Hospitality Management, 9(2), 77–82. https://doi.org/10.1080/22243534.2019.1689696

Biografi Penulis

Marleny Leasa, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

Marleny Leasa, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

Johanes Pelamonia, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

Melvie Talakua, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

Melvie Talakua, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

John Rafafy Batlolona, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura. Jl. Ir. M. Putuhena Kampus Poka Ambon, 97233, Maluku Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).