Sosialisasi Konsumsi Olahan Sehat Hasil Pertanian (Jagung dan Telur) di Desa Molowahu Kecamatan Tibawa

Penulis

Fahrullah Fahrullah , Mohamad Ervandi , Susan Mokoolang , Terri Repi , Yusriyah Atikah Gobel , Merita Ayu Indriati , Moh. Muchlis Djibran , Ishak Korompot , Mohamad Sayuti , Asruddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3696

Diterbitkan:

2023-07-03

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Pangan, Konsumsi, Jagung, Telur

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fahrullah, F., Ervandi, M. ., Mokoolang, S. ., Repi, T. ., Gobel, Y. A. ., Indriati, M. A. ., … Asruddin. (2023). Sosialisasi Konsumsi Olahan Sehat Hasil Pertanian (Jagung dan Telur) di Desa Molowahu Kecamatan Tibawa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 414–418. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3696

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Bahan pangan memiliki manfaat sebagai sumber gizi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pada masyarakat yang berada di Desa Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dengan tujuan memberikan informasi tentang kandungan nutrisi yang ada pada produk olahan pertanian, terkhusus telur dan jagung serta memberikan pemahaman mengenai proses penganekaragaman terhadap olahan telur dan jagung. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi langsung kepada masyarakat Desa Molowahu, hal ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan pemahaman tentang cara membuat produk olahan yang sehat serta memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kelangsungan hidup serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang proses penganekaragaman produk olahan telur dan jagung agar nantinya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Molowahu. Sosialisasi ini juga dalam rangka penyadar-tahuan tentang manfaat mengkonsumsi olahan sehat produk pertanian hingga peningkatan perekonomian masyarakat.

Referensi

Abdullahi, A. B., Wadi, A., dan Syamsuar. Diversifikasi Produk Olahan Telur Itik di Makassar. Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH. 7 (1): 90-100.

Alsuhendra dan Ridawati. 2017. Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Jagung Manis pada Tutor Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. 3 (2): 100-107.

Chumaidi, M., Chusnah, M., Hilalurochmafa, M. I., Yuliana, A.I., Qomariyah, S. N., Yaqin, M.A., dan Pratama, K. E. 2022. Sosialisasi Produk Pangan Sehat Berbasis Olahan Jagung Manis Bagi Kader PKK Desa Sentul Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. 3 (1): 29-32.

Elizabeth, R. 2011. Strategi pencapaian diversifikasi dan kemandirian pangan: Antara harapan dan kenyataan. Iptek Tanaman Pangan. 6 (2): 230-242.

Fahrullah, F., Ervandi, M., Mokoolang, S., Gobel., Y. A., dam Djibran, M. 2023. Pendampingan Pembuatan Chicken Nugget Singkong untuk Meningkatkan Keanekaragaman Produk Pangan Hewani. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 6 (1): 358-362.

Kearney, J. 2010. Food consumption trends and drivers. Philosophical Transactions of The Royal Society. Royal Siciety Publishing.

Nusi S., Rotinsulu, M.D., Tamasoleng, M., dan Hadju R. 2020. Kualitas Fisik dan Kimia Telur Pindang Menggunakan Daun Jambu Biji (Psidium guajava L) serta Garam NaCl dengan Konsentrasi Berbeda. Zootec. 40 (2): 615-625.

Pratama, A., Fitriani, A., dan Chairunnisa, H. 2017. Preservasi dan DIversifikasi produk olahan telur yang mudah dan sehat di kecamatan Ciasem Girang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(6): 374-377.

Satriani, T. A. 2017. Diversifikasi pangan asal ternak mendukung keamanan pangan nasional. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. 10-16.

Suarni dan Yasin, M. 2011. Jagung sebagai sumber pangan fungsional. Iptek Tanaman Pangan. 6 (1): 41-56.

Sulistyani, T., Rachmawati, E., dan Mufidah, L. 2022. Olahan Jagung sebagai Alternatif Menu untuk Balita. Abdimas Akademika. 3 (1): 31-38.

Sumaryanto. 2009. Diversification as one of the food securrity pillars. Forum Penelitian Agroekonomi. 27 (2): 93-108.

Biografi Penulis

Fahrullah Fahrullah, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).