Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match berbasis PPT pada Siswa Di SMPN 13 Mataram

Penulis

M. Mabrur Haslan , H. Iskandar Junaidi , Ragil Triwibowo , Hofifah Indrasari , Vira Anita

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.3733

Diterbitkan:

2023-03-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Penerapan Make a Match , Berbasis PPT

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Haslan, M. M. ., Junaidi, H. I. ., Triwibowo, R. ., Indrasari, H. ., & Anita, V. . (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match berbasis PPT pada Siswa Di SMPN 13 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 380–384. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.3733

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode make a match berbasis media PPT pada siswa SMP Negeri 13 Mataram serta untuk mengetahui Faktor Penghambat, Faktor Pendukung dan solusi dalam penerapan metode make a match. dan upaya atau solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Solusinya adalah dengan memberikan metode yang tepat ketika sedang menyampaikan pembelajaran dikelas yaitu salah satumya dengan menerapkan metode make a match. Metode pelaksanaan kegiatan adalah sosialisasi dengan cara ceramah dan diskusi. Metode sosialisasi digunakan untuk memberikan informasi atau pengetahuan dan pemahaman siswa tentang penerapan metode make a match berbasis PPT pada siswa di SMPN 13 Mataram. Diskusi digunakan dalam rangka mencari solusi atau upaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMPN 13 Mataram. Kegiatan sosialisasi di sekolah menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan.Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor: (1) urgensi materi yang disampaikan oleh tim pelaksanaan sosialisai dalam rangka pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match berbasis PPT pada Siswa Di SMPN 13 Mataram (2) Adanya dukungan dari pihak Kepala SMPN 13 Mataram dan para khalayak sasaran kegiatan. Sementara faktor penghambat tidak menjadi penghalang namun bisa diatasi oleh tim pelaksana pengabdian, sehingga kegiatan pengabdian dapat terlaksana dan mencapai hasil sebagaimana diharapkan.

Referensi

Syah, Muhibbin, (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Utami Munandar, 2005. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah, Petunjuk para Guru dan Orang tua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winarno. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.

Perdana, Aditya Ayu dan Supriyono. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 6 Nomor 5

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).