Tingkat Kepuasan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Olahan Susu Kurma Di Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Nining Zarwati , Mulyati , Suwardji

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.3848

Diterbitkan:

2023-03-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Keyword : Kepuasan, Atribut Produk, Susu Kurma, Konsumen.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zarwati, N., Mulyati, & Suwardji. (2023). Tingkat Kepuasan Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Olahan Susu Kurma Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 404–413. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3848

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pangan merupakan bahan-bahan yang dapat dikonsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang memiliki dua bentuk yaitu padat dan cair. Pangan merupakan istilah sehari-hari yang digunakan untuk manusia, sedangkan untuk hewan disebut sebagai pakan (Indriani, 2015). Pangan hewani merupakan sumber protein yang mengandung asam amino essensial yang tidak dapat dipenuhi dari bahan lain, sehingga sangat berpengaruh terhadap status kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk olahan susu kurma dan mengetahui atribut dari produk susu kurma yang memiliki nilai kepuasan yang tinggi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode “deskriptifâ€. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Sedangkan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling di Kabupaten Lombok Timur. Dengan pertimbangan alat analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi produk olahan susu kurma yang dihitung dengan mengggunakan perhitungan CSI masuk dalam kategori “puas†dengan nilai index sebesar 68,957% dan atribut yang memiliki nilai kepuasan yang tinggi adalah Rasa, Kandungan Gizi, Label Halal, Izin BPOM, Kesegaran, Warna Produk dan Tanggal Kadaluarsa.

Referensi

Adisasmito, R, 2014. Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah. Yogyakarta:Graha Ilmu

Alfiyanah, Ishmah. 2006. Analisis Buah Kurma (Tinjauan Kimia dan Islam). Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Annisa. (2010). Pengaruh Konsumsi Susu Tinggi Kalsium Terhadap Tekanan Darah Lanjut Usia. Karya Tulis Ilmiah Strata satu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta

Amam dan Pradiptya A.H., 2017.Mengkaji Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Susu Bubuk Tinggi Kalsium dengan Pendekatan Multi-Atribut. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Jember.

Aurudy, Muhammad Hasibuan, 2012. Analisis Kepuasan Konsumen Susu Pasteurisasi UMKM Milkfood Barokah. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Intsitut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik, 2015. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2015.

Badan Pusat Statistik, 2016. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2016.

Badan Pusat Statistik, 2017. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2017.

Badan Pusat Statistik, 2018. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2018.

Badan Pusat Statistik, 2019. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2019.

Cahyadi, W.A., 2010. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Susu Kedelai Cair Bantal Merk ABC.Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institusi Pertanian Bogor.

David, 2016. Karya Tulis Manfaat Kurma. Dalam http://mynewblogdavid.blogspot.com.Diakses pada tanggal 30 Maret 2016.

David, Fred R. 2010. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Jakarta.

Dela, R.P., 2017. Analisis Perilaku dan Kepuasan Konsumen Sari Kedelai Inasoya. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen.Institut Pertanian Bogor.

Eka, N.A., 2013. Manfaat Kurma (Islam dan Sains). Yogyakarta

Haprihatun.2019. Tingkat Kepuasan Ibu Rumah Tangga dalam Mengonsumsi Minyak Goreng Kemasan Merek Bimoli di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Fakultas Pertanian. Universitas Gunung Rinjani.

Haryadi, Malvyandie dan Nakita, 2017.Segarnya Susu Kurma: Minuman Sehat yang Punya Segudang Manfaat. Dalam https://www.google.com/amp/s/m.tribunnews.com.Diakses pada tanggal 8 Juni 2017.

Haryadi, Malvyandie dan Nakita, 2017.Segarnya Susu Kurma: Minuman Sehat Yang Punya Segudang Manfaat. Dalam https://m.tribunnews.com. Diakses pada tanggal 8 Juni 2017.

Hasan. M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Bogor.

Hendry, 2015. Karakteristik Pekerjaan. Dalam http://teorionline.wordpress.com/2015/03/10/karakteristik-pekerjaan-job-characteristics/ .Diakses pada tanggal 10 Maret 2015.

Hidayat, A., 2012. Pejelasan Lengkap Tentang Penelitian Kualitatif. Dalam https://www.statistikian.com.Diakses pada tanggal 14 Oktober 2012.

Hidayat, A., 2012. Pengertian dan Penjelasan Penelitian Kuantitatif – Lengkap.Dalam https://www.statistikian.com.Diakses pada tanggal 14 Oktober 2012.

Khaira, A.W., 2010. Susu (Susu Segar, FullCream, Youghurt, dan SKM). Jurusan Teknologi Pangan. Fakultas Teknik. Universitas Pasundan Bandung.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran(Terjemahan).Edisi Milenium, Jilid 1, Prenhallindo. Jakarta.

Kurniawan, A., 2020. Definisi Hipotesis. Dalam https://www.gurupendidikan.co.id/hipotesis-adalah/.Diakses pada tanggal 30 Januari 2020.

Nazir, M. 2009. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Putri, dkk., 2015. Permintaan dan Kepuasan Konsumen Rumah Tangga dalam Mengonsumsi Susu Bubuk di Bandar Lampung. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian.Universitas Lampung.

Rhandy, Verizarie. 2019. 11 Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan (Tak Disangka). Dalam https://www.google.com/amp/s/doktersehat.com/manfaat-susu-kurma/amp/. Diakses pada tanggal 24 Mei 2019.

Rahman, A., 2008. Analisis Kepuasan Konsumen Produk Susu Ultra Milk. Program Studi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Rangkuti, Freddy, 2014. Analisis SWOT: Teknik Membelah Kasus Binis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Robbins, P. Stephen, 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.

Santoso, Agung. 2018. Cara Menghitung Tingkat kepuasan Pelanggan. Dalam https://agungbudisantoso.com. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2018.

Saputri, dkk., 2017. Makalah Pengelolaan Tanaman Buah Kurma. Jurusan Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Soedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung.

Sugiyono, dkk., 2013. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bogor. Penerbit : Alfabeta. Cetakan Keempat.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Supranto. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprianto, 2019.Analisis Tingkat Kepuasan Petani Cabai Merah Kriting Terhadap Nilai Jual Di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Fakultas Pertanian. Universitas Gunung Rinjani.

Tjiptono, F dan Chandra, G, 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Mengupas Pemasaran Strategik Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, Hingga E-Marketing. CV Andi. Yogyakarta.

Verizarie, Rhandy, 2019. 11 Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan (Tak Disangka).Dalam https://doktersehat.com.Diakses pada tanggal 24 Mei 2019.

Zainuddin, M., 2012.Manfaat Dari Buah Kurma.Dalam https://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com.Diakses November 2012.

Biografi Penulis

Nining Zarwati, Pascasarjana Universitas mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).