Pelatihan Membuat Alat Peraga Menentukan Luas Daerah Poligon Bagi Para Guru SD di Desa Lembuak Kecamatan Narmada
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i2.3995Diterbitkan:
2023-04-24Terbitan:
Vol 6 No 2 (2023): April-JuniKata Kunci:
Membuat, Alat peraga, Luas daerah Poligon.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Para guru SD di Desa Lembuak Kecamatan Narmada belum pernah merancang Alat peraga dalam membelajarkan siswa menentukan rumus luas daerah Poligon. Jadi masalah yang muncul adalah para guru Sekolah dasar di Desa Lembuak Kecamatan Narmada keterampilan membuat alat peraga untuk menentukan luas daerah polygon masih rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah : 1) Meningkatkan kemampaun guru SD di Desa Lembuak Kecamatan Narmada tentang konsep dan prinsip luas daerah Poligon, 2) Meningkatkan kemampuan merancang alat peraga menentukan Formula atau prinsip luas daerah polygon. Permasalahan yang dialami oleh para guru terkait dengan merancang Alat Peraga, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini :1) Memberikan pemahaman tentang merancanag alat peraga menentukan luas daerah bangun datar, 2) Simulasi dan praktek merancang pengembangan pembelajaran menggunakan alat peraga menentukan luas daerah dan 3) Diskusi dalam kelompok kerja dan presentasi tentang hasil kontruksi alat peraga dan langka-langkah pengembangannya. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan melalui metode yang telah ditatapkan. Hasil dari kegiatan ini ternyata sangat efektif yakni terjadi perubahan kearah perbaikan yang signifikan hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata pre-tes = 4,12 lebih kecil dari skor rata-rata post-tes = 7,27. Dari hasil uji diperoleh = -2,0601 pada taraf signifikasi 0,05 atau dilihat dari Sig = 0,000 < α = 0,05. Jadi pelatihan membuat alat Peraga menentulan luas daerah Poligon bagi para Guru SD di Desa Lembuak Kecamatan Narmada meningkat secara meyakinkan. Dengan diperolehnya hasil dari kegiatan ini diharapkan pelatihan ini diperluas dalam rangka memperkuat pelaksanaan kurikulum 2013 dan para pemerhati pendidikan turut serta mengambil peran untuk mewujudkan kegiatan ini untuk mengantisipasi pembelajaran matematika abad 21
Referensi
Aisyah, N, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta :
Departemen Pendidikan Nasional.
Asra, Deni Darmawan, Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD.
Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasioanal. Jakarta.
Hudoyo, H (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika di depan Kelas, Usaha
Nasional Surabaya.
Marie-Christine Opdenakker, Jan Van Damme. 2006. Teacher Characteristic and
Teaching Style Effectiveness Enhancing Factors of Classroom
Practice, Teaching and Teacher Education 22 :
www.Elsevier.com/locate/tate.
Suherman dan Winataputra ,(1993) . Strategi Belajar Mengajar Matematika.
DEPDIKBUD DirDirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran
Guru SLTP. Jakarta.
Russefendi ET ( 1996). Pendidikan Matematika III Modul 1-9, Depdikbud, Proyek
Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Sarjana Ketut, Sridana Nyoman, M. Turmuji (2018). Desain Media Peraga dan Bantu
Pembe lajaran Geometri bagi siswa Sekolah Dasar Kelas
Tinggi, Hasil Penelitian yang dibiayai dari dana PNBP UNRAM
Suwaji, Untung Trisna. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan
Alternatif pemecahannya. Yogyakarta : P4TK Matematika.
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).