Sosialisasi Pembuatan Teh Daun Kelor di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Nana Mardiana , Lalu rifaldy Fadly , Muhammad Zikrurridho Afwani , Eva Delia Putri Siahaan , Anisa Fitri , Fitrahtul Isnah , Irda Fiqri Immawan , Iyan Radmad Amaliansyah , Khaerul Pahmi , Lalu Wirejunap , Dahlanuddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4051

Diterbitkan:

2023-06-05

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Daun kelor, Teh, Desa Mertak

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mardiana, N., Fadly, L. rifaldy ., Afwani, M. Z. ., Siahaan, E. D. P. ., Fitri, A. ., Isnah, F. ., … Dahlanuddin. (2023). Sosialisasi Pembuatan Teh Daun Kelor di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 125–128. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4051

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tanaman kelor (Moringa oleifera L) merupakan tanaman yang banyak tumbuh di berbagai iklim tropis, termasuk di Indonesia. Moringa memiliki banyak manfaat dan kaya akan zat berkhasiat. Salah satu desa di Lombok Tengah yang banyak terdapat tanaman kelor adalah Desa Mertak. Tanaman kelor hampir tumbuh di setiap pekarangan rumah warga. Namun, tanaman kelor masih belum banyak dimanfaatkan dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan tanaman kelor. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram di Desa Mertak melakukan sosialisasi pembuatan teh daun kelor untuk memberikan pengetahuan tentang banyak manfaat tanaman kelor, membuat produk yang memiliki nilai ekonomi untuk menambah perekonomian masyarakat Mertak Desa. Dari hasil sosialisasi tersebut, warga antusias mengikuti dan memberikan respon positif terhadap cita rasa teh daun kelor

Referensi

Affandi, N. N. 2019. Kelor Tanaman Ajaib Untuk Kehidupan Yang Lebih Sehat. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Aini, Q. 2019. Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Algafari, B. M., Muh, S. 2018. Analisis Mineral Daun Kelor (Moringa oleifera lam.) Menggunakan Spektrometer XRF (X-Ray Fluoresnce). Akta Kimido, 3,(1), 104-111.

Irwan, Z. 2019. Kandungan Zat Gizi Daun Kelor (Moringa Oleifera) Berdasarkan Metode Pengeringan. Jurnal Kesehatan Malang, 6,(1).

Marhaeni, L. J. 2021. Daun Kelor (Moringa oleifera) Sebagai Sumber Pangan Fungsional Dan Antioksidan. Jurnal Agrisia. 13(2).

Purba, E. C. 2020. Kelor (Moringa oleifera Lam.) : Pemanfaatan dan Bioaktivitas. Jurnal Pro-Life, 7(1).

Tjong, A., Youla, A. A., Daiana, S. P. 2021. Kandungan Antioksidan pada Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Potensi Sebagai Penurun Kolestrol Darah. eBiomedik, 9,(2), 248-254.

Yunita, E., Dheanissa, G. O, Deni, L. 2022. Antibacterial Activity of Minga Leaves Extract Against Pseudomonas aeruginosa. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, 11,(2), 189-195.

Biografi Penulis

Nana Mardiana, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).