Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram

Penulis

Eni Suyantri , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4110

Diterbitkan:

2023-05-24

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Kewirausahaan Mahasiswa, Entrepreneurship, Pelatihan Kewirausahaan, Pendampingan Kewirausahaan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suyantri, E. ., Handayani, B. S. ., & Lestari, T. A. . (2023). Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 119–124. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4110

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kegiatan kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Model pelatihan yang digunakan adalah EICCoIE yaitu exploration, identification, collaboration, coaching clinic, implementation dan evaluation. Terdapat 8 bidang usaha yang teridentifikasi dari hasil pelatihan yaitu bidang kuliner, kecantikan, fashion, handycraft, jasa, souvenir, transportasi dan alat tulis kantor. Dari 8 ide awal yang teridentifikasi dikelompokkan menjadi 4 kelompok bidang usaha yaitu kuliner, kecantikan, fashion dan jasa. Kolaborasi mahasiswa pada masing-masing bidang diperlukan untuk mengembangkan bidang usaha tersebut dan mengatasi segala permasalahan yang muncul. Coaching clinic dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap pemberian materi dan pendampingan praktek pembuatan produk. Implementasi kegiatan usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yaitu dengan dibukanya warung mini Kebun Kopi Biologi yang menjual produk hasil pelatihan serta produk mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi, keuntungan yang didapatkan tiap bulan yaitu sebesar Rp 1.250.000,00. Disepakati pembagian keuntungan sebesar 30% untuk pengelola usaha, 50% untuk  pemilik produk dan 20% untuk Program Studi Pendidikan Biologi. Keuntungan program studi selanjutnya nantinya akan digunakan untuk pengembangan usaha bagi kelompok mahasiswa usaha berikutnya sehingga kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan

Referensi

Abdulsyani. 2012. Sosiologi: Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gaffar, Fatmawati. Rudi Amir. Kartini Marzuki. 2023. Model Pendampingan Kewirausahaan Sosial Pada Pengelolaan Program Pkbm Anging Mammiri Kabupaten Gowa. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. Volume 2 Number 2 Januari 2023 page 116-122 p-ISSN: 2808-358X and e-ISSN: 2809-0632 Doi: https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i2.43224.

Himayaturrohmah, Emma. 2020. Model Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Minat. Jakarta Pusat : LITBANGDIKLAT PRESS.

Minitti, M., Bygrave, W. and Autio, E. 2006. Global Entrepreneurship Monitor 2005 Executive Report. www. Gemconsortium.org.

Nursyam. 2009. Panduan Kegiatan Pembelajaran Ekplorasi, Elaborasi, Konfirmasi. Jakarta : SMAN 78

Slameto. 2007. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).