Pendampingan Pengamatan Video Pembelajaran Untuk Kesiapan Melaksanakan Praktek Mengajar

Penulis

Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4123

Diterbitkan:

2023-06-05

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, Praktek Mengajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati. (2023). Pendampingan Pengamatan Video Pembelajaran Untuk Kesiapan Melaksanakan Praktek Mengajar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 160–164. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4123

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Praktek mengajar merupakan kegiatan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa yang mengambil program studi keguruan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih dan mengajak mahasiswa calon guru dalam menganalisis implementasi delapan keterampilan dasar mengajar, menentukan kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang diamati, sehingga mahasiswa mempunyai kesiapan untuk melaksanakan praktek mengajar. Metode yang digunakan adalah mahasiswa mencermati dan menganalisis video pembelajaran yang dilakukan oleh guru model, menggunakan instrumen berupa lembar observasi yang diturunkan dari indikator keterampilan dasar mengajar. Penilaian hasil pengamatan dikategorikan menjadi sangat kurang baik, kurang baik, cukup baik, baik dan sangat baik. Rata-rata hasil pengamatan video pembelajaran dalam kategori baik, dan terdapat 3 orang mahasiswa (33%) dengan kategori sangat baik. Mahasiswa juga dapat memberikan alasan pemberian skor pada setiap keterampilan yang di amati. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa telah menguasai keterampilan dasar mengajar dengan baik, dan mempunyai kesiapan untuk melaksanakan praktek mengajar dalam matakuliah pengajaran mikro.

Referensi

Alma, dkk. (2012). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Aqib,Z. (2002). Pofesionalisme Guru dalam Pembelajaran.Surabaya: Insan Cendekia

Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marno. (2014). Strategi, Metode, danTeknik Mengajar. Yogyakarta: ArRuzz Media

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zaini,H., Munthe,B., Aryani, SA. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Wena, M. 2011. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).