Aksi Bersih Pantai dalam Rangka Pencegahan Pencemaran Pesisir di Kawasan Ekowisata Bale Mangrove

Penulis

Tri Ayu Lestari , Agil Al Idrus , Baiq Sri Handayani , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4124

Diterbitkan:

2023-06-05

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Aksi Bersih Pantai, Sampah, Ekowisata

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lestari, T. A. ., Idrus, A. A. ., Handayani, B. S. ., & Suyantri, E. . (2023). Aksi Bersih Pantai dalam Rangka Pencegahan Pencemaran Pesisir di Kawasan Ekowisata Bale Mangrove. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 165–168. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4124

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesadaran dan mengajak masyarakat beserta wisatawan untuk menjaga kebersihan pantai kawasan ekowisata Bale Mangrove Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan partisipasi dengan tiga tahapan kegiatan pada partisipan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan gerakan bersih pantai dapat diselenggarakan dengan lancar dan dapat meningkatkan pola pikir masyarakat dalam mencegah pencemaran lingkungan. Lebih dari 100 orang yang terdiri kalangan pemerintah, dosen, mahasiswa, masyarakat sekitar dan wisatawan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sampah yang ditemukan terdiri dari tiga kategori yaitu sampah yang berasal dari masyarakat pesisir, wisatawan dan alam seperti ranting kayu. Sampah plastik merupakan masalah yang perlu diperhatikan karena dapat menimbulkan dampak buruk terhadap ekosistem laut dan lingkungan sekitar pantai. Kegiatan gerakan bersih pantai ini berhasil meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai serta mempromosikan kelestarian ekosistem pantai dan meningkatkan daya kunjung wisatawan ke pantai.

Referensi

Handaka, AA., I. Riyantini, M.Y. Awaluddin. 2007. Kepedulian Masyarakat terhadap Pencemaran di Wilayah Pesisir Pameungpeuk Kabupaten Garut. Jurnal Akuatika (5) 2.

Hutabarat, S & Evans, S. M. (1985). Pengantar oseanografi. Jakarta: UI-Press.

Nazriati, Y. Utomo, F. Fajaroh, Suharti, Danar, dan E. Ciptawati. 2020. Gerakan Bersih-Bersih Pantai Balekambang dari Sampah Plastik. Abdimas. 5 (2): 139-144.

Salim, Gazali, A. Indarjo, Rukisah dan N. Meiliyani. 2019. Aksi Bersih-Bersih Pantai Menghadap Laut (Coastal Cleanup) di Daerah Pantai Amal Baru Kota Tarakan. Laporan Akhir Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan Universitas Borneo Tarakan.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).