Pelatihan Tes Penalaran Matematika Bagi Siswa SMA Untuk Menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Penulis

I Wayan Gunada , Sutrio , Wahyudi , Syahrial Ayub , Muh Makhrus , Muhammad Abadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4128

Diterbitkan:

2023-06-07

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

SNBT;Tes Penalaran Matematika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Gunada, I. W. ., Sutrio, Wahyudi, Ayub, S. ., Makhrus, M. ., & Abadi, M. . (2023). Pelatihan Tes Penalaran Matematika Bagi Siswa SMA Untuk Menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 179–185. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4128

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kualitas lulusan di perguruan tinggi dapat ditentukan berdasarkan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Oleh sebab itu seleksi masuk perguruan tinggi negeri menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa, orang tua calon mahasiswa serta masyarakat secara keseluruhan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, antara lain: memberikan sosialisasi terkait perubahan aturan penerimaan mahasiswa baru untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), memberikan pelatihan tips dan trik mengerjakan tes penalaran matematika, dan untuk meningkatkan prosentase kelulusan siswa SMA Negeri 1 Lembar diperguruan tinggi negeri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah yaitu memberikan penjelasan tentang bagaimana perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN dan pelatihan mengerjakan tes penalaran matematika. Subjek kegiatan pelatihan adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Lembar yang berjumlah 35 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah tersosialisasikannya perubahan sistem penerimaaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) berdasarkan Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan optimalisasi kemampuan siswa untuk mengerjakan tes penalaran matematika dapat dilakukan dengan sering melakukan latihan-latihan dan mengikuti tes ujicoba berbasis computer.

Referensi

Asrijanty. 2014. Validitas Prediktif Bakat Skolastik dan Prestasi Belajar sebagai Kriteria Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4), 515-534: https://pdfs.semanticscholar.org/b090/658787edc57597b40c868299d4351cc36a9e.pdf.

Bekti, R. D., Jatipaningrum, M. T., Kartiko, K., & Suryowati, K. 2018. Peningkatan Potensi Siswa Melalui Pelatihan Test Potensi Akademik (TPA). Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 98-104: http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/954.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di sma negeri 5 kediri. Repository Publikasi Ilmiah, 131-143. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/31.

Irzawati, I., Supartinah, Y., Lisnani, L., & Hasibuan, A. R. 2022. Pelatihan Tes Masuk Universitas dan Persiapan Lamaran Kerja Bagi Siswa SMA. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 129-135: http://e-ournal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/10960.

Musaddat, S., Wardana, L. A., & Zulkifli, L. 2021. Peningkatan Kesiapan Siswa Kelas XII Se-Kabupaten Lombok Tengah Masuk Perguruan Tinggi Negeri Melalui Pelatihan Sukses SBMPTN. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 1(1), 34-43: https://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani/article/view/92.

Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran matematika siswa sma pada materi geometri ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171-178.

Pratama, N. A., & Hermawan, C., 2016. Aplikasi Pembelajaran Tes Potensi Akademik Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 6(1), 1-6: http://www.jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/11.

Ridwan, M. 2017. Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193-206: https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/88.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kompas. (2022,September). Aturan Lengkap Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2023", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/12/140000765/aturan-lengkap-seleksi-penerimaan-mahasiswa-baru-2023?page=all.

Sriyati, S. 2022. Analisis Hasil Tes Potensi Skolastik sebagai Indikator Kesiapan Siswa Menghadapi Tes UTBK 2022. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2) 74-83: http://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/4210.

Susilo, G., & Nur’aini, T., A. 2018. Pengaruh Tes Potensi Akademik siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matermatika, 4(1), 21-28: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2975.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Tukaryanto, T., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018, February). Peningkatan kemampuan penalaran matematik dan percaya diri siswa kelas x melalui model discovery learning. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 656-662). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20211.

Widoyoko, S. Eko Putro.(2010). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).