Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air

Penulis

M. Ali Fikri , Sapto Hendri BS , Siti Atikah , Elin Erlina Sasanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4165

Diterbitkan:

2023-06-08

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Air, Hilirisasi, Masyarakat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

M. Ali Fikri, Hendri BS, S. ., Atikah, S. ., & Sasanti, E. E. . (2023). Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 212–213. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4165

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu daerah yang terkena dampak kekeringan ini adalah masyarakat di daerah Keruak, Lombok Timur. Sejak lama Masyarakat yang ingin kebutuhan air bersih, dan terpaksa berjalan kaki menuju lokasi daerah aliran sungai atau mengambil air di sumur yang jauh jaraknya (300m s/d 1 km), padahal di lihat dari struktur kawasannya, sangat besar kemungkinan untuk mengembangkan potensi ekonomi melalui pariwisata dan pemenuhan kebutuhan pangan, dengan syarat tersedianya sumber daya air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar dan pertanian masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bermanfaat masyarakat dan untuk bisa mengembangkan usaha di daerahnya untuk pengentasan kemiskinan melalui pemenuhan sumber daya pokok sehari-hari, yaitu air.

Referensi

Kompas, 2020. https://regional.kompas.com/read/2018/09/06/19271071/4-fakta-terbaru-gempa-lombok-kekurangan-air-bersih-hingga-bantuan-prabowo

Wikipedia, 2020.El_nino.wikipedia.org/wiki/El_Niño–Osilasi_Selatan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).