Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpmpi.v3i1.417Diterbitkan:
2020-04-02Terbitan:
Vol 3 No 1 (2020)Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pengembangan mutu guru merupakan salah satu strategi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Guru membutuhkan kompetensi pedagogik, sosial, keperibadian dan profesionalisme untuk selalu terus menerus meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam pembelajaran. Mutu guru perlu selalu diupayakan agar terjadi peningkatan mutu secara signifikan.Tugas dan fungsi guru yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kompetensi profesional guru dapat terus berkembang melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan secara terencana dan terprogram. Kompetensi guru yang membutuhkan peningkatan agar guru dapat mengembangakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemamapuan guru untuk mengembangkan inovasi-inovasi pembelajaran di sekolah. Peningkatan kompetensi guru dalam melakukan penelitian hingga dapat menganalisis dan mencari pemecahan masalah terhadap masalah-masalah pemeberlajaran yang dihadapi guru di kelas. Melalui workshop ini diharapkan para guru telah memiiliki peningkatan kompetensi dalam melaksanakan, menemukan, dan menerapkan inovasi pembelajaran di ruang kelas. Pelaksanaan kegiatan Workshop PTK ini telah dilaksanakan di SMAN 1 Kopang Kabupaten Lombok Tengah  yang diikuti oleh 40 guru. Pada kegiatan diberikan konsep tentang dan pelaksanaan PTK di sekolah untuk meningkatkan perbaikan dan inovasi pembelajaran di sekolah. Guru dapat menyusun proposal PTK dana sekaligus melakukan penelitian terkait pemebelajaran. Untuk itulah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru ini, maka telah dilakukan Workshop Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru SMAN 1 Kopang sebagai upaya pengembangan tugas Pascasarjana Prodi Administrasi Pendidikan pada Tahun Anggaran 2019 dari DIPA-BLU (PNBP) Universitas Mataram.
Â
Kata Kunci:Â Workshop; Penelitian Tindakan Kelas; Inovatif.Referensi
Anggraeni, A.D. dan Nurani, S. (2018). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Guru-Guru Sekolah Yayasan Kholifah Masa Depan Depok. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. 1(3). 199-204
Jannah, W. (2014). Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Atas (SMSA) Kecamatan Rokan IV Koto. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1). 789 †831
Naro, W. (2017). Komitmen Profesi dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kota Makassar. Jurnal Inspiratif Pendidikan. VI(1). 35-58
Osnal. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kompetensi Guru Kelas 4, Kelas 5, Dan Kelas 6 Dalam Menyusun Proposal Ptk Melalui Bimbingan Kelompok Di KKG Gugus 6 Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Pancaran, 5(4), 61-78.
Undang-Undang Guru dan Dosen, 2007. Kemnediknas. Jakarta
Wafa, A. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan. Kabilah. 2(2), 237-253
Biografi Penulis
Asrin Asrin, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram
I Wayan Karta, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram
Untung Waluyo, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).