Pemanfaatan Sampah Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos Organik untuk Menjaga Kelestarian Tumbuh-Tumbuhan di Desa Nyiur Tebel

Penulis

Nurul Fikria Sagitarini , Ni Made Amelia Ratnata Dewi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4184

Diterbitkan:

2023-06-09

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Sampah, Lingkungan, Kebershan, Daur ulang, Pupuk

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sagitarini, N. F. ., & Dewi, N. M. A. R. . (2023). Pemanfaatan Sampah Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Kompos Organik untuk Menjaga Kelestarian Tumbuh-Tumbuhan di Desa Nyiur Tebel. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 225–230. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4184

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar kelima dunia. Jumlah penduduk yang besar tentu membutuhkan keperluan bahan makanan yang cukup besar pula. Bahan makanan yang diolah tentu tidak semuanya terpkai, ada bagian-bagian tertentu yang tidak diperlukan dan harus dibuang. Tidak hanya itu, makanan yang sudah diolah dan siap saji pun tidak semuanya terkonsumsi, melainkan terdapat sisa-sisa  terbuang. Baik sisa olahan maupun sisa makanan hasil olahan yang tidak terkonsumsi semuanya menjadi limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga inilah yang menghasilkan sampah. Sampah yang tidak diolah dengan baik akan memberikan dampak buruk pada lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Tidak hanya itu masyarakat juga perlu mengetahui cara mengelola sampah dengan baik dan benar terutama sampah yang dapat didaur ulang yang berguna agar menjaga kelestarian lingkungan. Setiap penduduk di Indonesia diharapkan memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan pengolahan sampah yang baik. Sampah yang dapat didaur ulang dan diolah menjadi pupuk dapat memberikan manfaat kepada tumbuhan. Karena semua makhluk hidup membutuhkan tumbuhan.

Referensi

Bolly, Yovita, Y., Yuyun, Wahyuni., Gabriel, Otan, Apelabi., M, A, Yohanita, Nirmalasari. 2021. Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Padat Berbahan Dasar Lokal Untuk Mewujudkan Pertanian Organik Ramah Lingkungan Di Kelompok Tani Alam Subur Desa Waigete. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 No. 2, p. 1-2.

Gunawan, Ari., Anggi, Cornelia., Bramandhita, Maynard, Brava, Nugroho., dkk. 2022. Pemanfaatan Limbah Ternak Sebagai Pupuk Organik Untuk Mendukung Pengembangan Sektor Pertanian Dan Perkebunan Desa Segoroyoso. Jurnal Atma Inovasia. Vol. 2 No.4, p. 382.

Larasati, Adella, Atika., dan Septa, Indra, Puspikawati. 2019. Pengolahan Sampah Sayuran Menjadi Kompos Dengan Metode Takakura. Journal Ikesma. Vol 15 No 2, p. 61.

Nasution, Alwi, Fahruzy., Susy, Deliani., Tina, Herianty, Masitah., Charina., Pangeran., dan Suhelmi. 2022. Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Pantai Sebagai Pupuk Tanaman. Journal Liaison Academia and Society. Vol. 2 No.1, p. 12-15.

Nurkhasanah, Eva., Devara, Candra, Ababil., Robby, Danang, Prayogo., dan Astrilia, Damayanti. 2021. Pembuatan Pupuk Kompos Dari Daun Kering. Journal Unnes. Vol. 3 No. 2, p. 109-110.

Rizal, Syaiful. 2020. Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak†Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 No 2, p. 97.

Silawibawa, I Putu., Ni, Wayan, Dwiani, Dulur., dan Sutriono, R. 2020. Pemanfaatan Limbah Pertanian Untuk Pembuatan Kompos Dengan Masukan Efektif Mikroorganisme (EM4) Di Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020. Vol.1 No,1, p. 52-56.

Subarnas, Nanang. 2006. Terampil Berkreasi. Bandung: Grafindo Media.

Suhastyo, Arum, Asriyanti. 2019. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal PPKM. Vol. 6 No. 2, p. 61.

Sulaiman, Ismail. 2021. Pengemasan Dan Penyimpanan Produk Bahan Pangan. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Susilo, Edi., Dian, Novita., Indra, Warman., dan Parwito. 2021. Pemanfaatan Limbah Pertanian Untuk Membuat Pupuk Organik Di Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 No 1, p. 9.

Widjaja, Gunawan. 2022. Dampak Sampah Limbah Rumah Tangga Terhadap Kesehatan Lingkungan. Journal Of Health And Medical Research. Vol 2 No 4, p. 266-277.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).