Sosialisasi Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Pada Dosen FKIP Unram

Penulis

Nuriadi , Gunawan , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Bagdawansyah Alqadri , Ilham Syahrul Jiwandono

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4196

Diterbitkan:

2023-06-09

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah, Publikasi Ilmiah, Jurnal Bereputasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nuriadi, Gunawan, Verawati, N. N. S. P. ., Alqadri, B. ., & Jiwandono, I. S. . (2023). Sosialisasi Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Pada Dosen FKIP Unram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 243–251. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4196

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar Tridharma selain pendidikan dan penelitian, memiliki peran sentral dalam upaya mewujudkan visi FKIP Universitas Mataram. Namun yang menjadi masalah, masih banyak dosen FKIP Universitas Mataram yang belum mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal internasional bereputasi. Diperlukan strategi dan trik agar dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal internasional bereputasi. Pada hasil penelitian sebelumnya menunjukkan masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh dosen dalam publikasi hasil penelitian adalah: kemampuan menulis dan menemukan ide, kemampuan penggunaan teknologi, kemampuan bahasa asing, minim kerjasama, kajian pustaka/literatur. Sedangkan solusi yang dilakukan oleh dosen dalam publikasi hasil penelitian adalah: memilih jurnal, menyiapkan draft artikel, mengirim naskah, komunikasi dengan reviewer dan editor. Merujuk pada hasil penelitian tersebut sehingga kami mengajukan kegiatan Sosialisasi Strategi Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Pada Dosen FKIP Universitas Mataram. Terimakasih kepada Universitas Mataram melalui LPPM Universitas Mataram yang telah memberikan pendanaan melalui PNBP tahun 2022.

Referensi

Bakkalbasi, N., Bauer, K., Glover, J., & Wang, L. (2006). Three Options for Citation Tracking : Google Scholar , Scopus and Web of Science. Biomedical Digital Libraries, 3(7), 1–8.

Farid, M. (2017, September). ’Membumikan Ide, Ukirlah Sejarah di Masamu.

Hadisaputra, Saprizal. 2021. Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi dengan Faktor Dampak yang Tinggi. Unram Journal of Community Service 1 (1), 6-11

Hanum, Farida. 2009. Penyusunan Karya Ilmiah bagi Jabatan Fungsional. Disampaikan pada Diseminasi Penyusunan Karya Ilmiah bagi Jabatan Fungsional yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta tanggal 5 November 2009 di Hotel Galuh Anindita Yogyakarta

Hunger, J. David dan Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Gilliam, L., Marinuzzi, J., & Ioannou, P. (2011). TurnItOff – Defeating Plagiarism Detection

Systems. In Proceedings of the 11th Higher Education Academy. ICS Annual Conference.

Huri, D. (2014). Penguasaan Kosakata Kedwibahasaan antara Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia pada Anak-anak (Sebuah Analisis Deskriptif Komparatif). Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 59–77.

Kamaroesid, H. (2009). Menulis Karya Ilmiah untuk Jabatan Guru. GP Press.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press Rismayanti & Rolina. (2004). Pencarian Jati diri Melalui Proses Belajar dan Pengalaman.

Rohmah, dkk. 2016. Publikasi Ilmiah dan Pengembangan Potensi Diri Dosen. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312-1322.

Subadi, Tjipto. 2018. Strategi Menyusun Karya Ilmiah Untuk Publikasi Jurnal Internasional. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Sufianti, E., Sawitri, D., Pribadi, K. N., & Firman, T. (2013). Proses Kolaboratif dalam

Perencanaan Berbasis Komunikasi pada Masyarakat Nonkolaboratif. Mimbar, 29(2), 133– 144.

Sunarno, 2009. Strategi Pengembangan Publikasi Ilmiah. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 5(2).

Sutedi, Adrian. 2009. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 Pasal 1 Ayat 9 tentang Pendidikan Tinggi

Zaugg, H., West, R. E., Tateishi, I., & Randall, D. L. (2011). Mendeley: Creating Communities of Scholarly Inquiry Through Research Collab...: Online Library Search. TechTrends, 55(1), 32–36.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).