Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pembuatan Jamu Kekinian dari Resep Wedhang Uwuh pada Ibu-Ibu Pengajian Masjid Al-Musyawaroh Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta

Penulis

Hanifah Karimatulhajj , Puji Handayani Putri , Ari Retno Purwanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4265

Diterbitkan:

2023-06-20

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Wedhang uwuh; Jamu kekinian; Tanaman Obat Keluarga; Khasiat TOGA; Pembuatan jamu

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Karimatulhajj, H. ., Putri, P. H. ., & Purwanti, A. R. . (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Pembuatan Jamu Kekinian dari Resep Wedhang Uwuh pada Ibu-Ibu Pengajian Masjid Al-Musyawaroh Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4265

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Wedhang uwuh merupakan salah satu produk jamu yang terdiri dari 7 rempah pilihan yang diantaranya berasal dari tanaman obat keluarga dengan khasiat yang saling melengkapi. Rempah berkhasiat dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit yang dapat dikonsumsi di tingkat rumah tangga sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rempah pada wedhang uwuh terlalu rumit dan tidak mudah didapatkan di setiap pasar sehingga sulit untuk dikonsumsi secara lengkap di skala rumah tangga. Penyederhanaan resep wedhang uwuh dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) menjadi jamu kekinian dapat memudahkan pengolahannya oleh setiap ibu rumah tangga. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat dipelopori oleh Ibu-Ibu Pengajian dengan cara realisasi produksi jamu kekinian di skala rumah tangga maupun komersialisasi produk yang merupakan penyederhanaan resep dari wedhang uwuh. Diantara Masjid yang ramai jamaah dan aktif berkegiatan di wilayah Kasihan Bantul adalah Masjid Al-Musyawaroh Tamantirto. Ibu-Ibu Pengajian di Masjid Al-Musyawaroh sebagian besar belum pernah mendapatkan penyuluhan mengenai pengolahan TOGA, khasiat wedhang uwuh, dan pelatihan pembuatan jamu, sedangkan  minat Ibu-Ibu Pengajian terhadap pengolahan jamu terbilang tinggi. Oleh karena itu  pengabdi perlu menyampaikan keilmuan mengenai cara pengolahan TOGA, khasiat TOGA pada wedhang uwuh, dan cara pembuatan jamu kekinian.

 

Referensi

Fatonah, S., & Wibowo, M. (2019). Dampak Kampanye Germas Terhadap Perubahan Perilaku Dan Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Imogiri I The Impact Of The Healthy Living Community Movement Campaign On Behaviour Change And Improving The Health Status Of The People In The. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.

Hartati, A. S., & Suryaningsum, S. (2019). Pengadaan usaha wedang uwuh dengan pemberdayaan ibu rumah tangga sebagai pengentas kemiskinan. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(1), 24-31.

Lailam, T., & Murti, A. D. (2019). Pemberdayaan Perempuan melalui Pengembangan Usaha Minuman Tradisional Wedang Uwuh di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta: Women's Empowerment through the Development of the Wedang Uwuh Traditional Beverage Business in Muntuk Village, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 61-67.

Lailiyah, M., Mulyati, T. A., & Pujiono, F. E. (2020). Pelatihan pembuatan jamu mix dan jahe wangi pada kelompok ibu rumah tangga di Desa Badal Pandean. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 194-203.

Salsabila Wahyudi, B. A., Sarmo, S. ., Pratama, T. E. ., Sakti, S. U. ., Safitri, E. N. ., Novitasari, D. ., Mahendra, Y. I. ., Pratiwi, I. ., Rizki, M. A. ., Triastuti, S. N. ., & Adibah, F. . (2022). Sosialisasi Pembuatan Jamu Seruang Khas Desa Selaparang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 304–309.

Thoybatunnisa, E., & Risnain, M. . (2022). Pembuatan Apotek Hidup Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Desa Lembar Selatan, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat, NTB . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 74–78.

Biografi Penulis

Hanifah Karimatulhajj, Farmasi Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Prodi Farmasi Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Informatika Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Pendidikan Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).