Kegiatan Jumat Bersih Sebagai Pembentukan Karakter di Dusun Otak Bagket Desa Wisata Tetebatu Selatan

Penulis

Ahmad Jupri , Lalu Kukuh Yoga Peratama Putra , La Ode M. Fradel D.A , Febrian Gazy Arrasyid , Tapaul Rozi , Eka Sunarwidi Prasedya

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4410

Diterbitkan:

2023-06-22

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Jumat Bersih, Pembentukan Karakter, Desa Wisata

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A. ., Putra, L. K. Y. P. ., Fradel D.A, L. O. M. ., Arrasyid, F. G. ., Rozi, T. ., & Prasedya, E. S. . (2023). Kegiatan Jumat Bersih Sebagai Pembentukan Karakter di Dusun Otak Bagket Desa Wisata Tetebatu Selatan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 328–331. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4410

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan jumat bersih merupakan kegiatan bersih-bersih dan gotong royong yang dilaksanakan setiap hari jumat yang dilakukan rutin oleh sekelompok pemuda otak bangket bersama mahasiswa KKN Tematik yang mengabdi di Desa Tetebatu Selatan sebagai Desa Wisata. Desa wisata merupakan salah satu bentuk wisata yang menerapkan konsep pemberdayaan   masyarakat   sehingga   partisipasi   masyarakat   menjadi komponen terpenting dalam pengembangannya. Namun satu permasalah yang dihadapi Desa Tetebatu Selatan khususnya Dusun Otak Bangket sebagai desa wisata ialah kurangnya kesadaran sebagian dari masyarakat dalam menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Berdasarkan judul tersebut kegiatan Jumat bersih yang dilakukan bertujuan untuk Pembentukan Karakter tentang pentingnya   kebersihan lingkungan sebagai desa wisata yang diharapkan menjadi kegiatan rutin yang dapat dilakukan merata disemua dusun-dusun yang ada di desa Tetebatu selatan sebagai desa wisata agar menciptakan rasa perduli terhadap kebersihan lingkungan yang sehat dan bersih. Metode pelaksanaan dalam program KKN di Desa Tetebatu Selatan pada program kerja tambahan jumat bersih dilakukan  dengan  mengkonfirmasi  kepada  sekretaris Desa  untuk lokasi kegiatan bersih-bersih dan melakukan kegiatan turun lapangan bersama forum pemuda otak bangket. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam program ini adalah gerakan jumat bersih-bersih sampah plastik dan sekaligus penanaman bunga disepanjang jalan. Hasil dari kegiatan KKN ini telah dilakukan kegiatan Jumat bersih dengan melakukan kegiatan turun lapangan dan melakukan kegiatan bersih-bersih sekaligus dilakukan penanaman bunga disepanjang jalan bersama forum pemuda, agar masyarakat setempat dapat menciptakan lingkungan wisata yang sehat dan bersih.

Referensi

Dharma, A.B. (2021). Manajemen Strategi Pengelolaan Desa Wisata. Surakarta: Lembaga Pendidikan

Pelatihan Wirausaha dan Ketenagakerjaan

https://paksebali.desa.id/artikel/2020/1/17/kegiatan-jumat-bersih-di-lingkungan-desa- paksebali. Di akses tanggal 24 Januari 2023.

https://sman1pasirsakti.sch.id/berita/baca/kegiatan-jumat-bersih-sebagai-pembentukan-karakter.html. Di akses tanggal 24 Januari 2023.

Nuryanti, W. (1993). Concept, Perspective, and Challengges. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Susyanti, D. W., & Latianingsih, N. (2014). Potensi desa melalui pariwisata pedesaan. Epigram, 11(1).

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).