Penyadartahuan Cinta Lingkungan Pesisir dan Laut Bagi Anak Pesisir Melalui Gerakan Peduli Sampah di Desa Puupi

Awareness of Love for Coastal and Marine Environment for Coastal Children Through the Waste Care Movement in Puupi Village

Penulis

Nurhuda Annaastasia , roslindah Daeng Siang , risfandi risfandi , Seventry Meliana Patiung , akhmad mansyur , rosmawati rosmawati , Nurdiana A , La Ode Muh. Gunawan Giu

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4427

Diterbitkan:

2023-06-27

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

sampah laut, anak pesisir, penyuluhan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Annaastasia, N., Siang, roslindah D., risfandi, risfandi, Patiung, S. M., mansyur, akhmad, rosmawati, rosmawati, … Giu, L. O. M. G. (2023). Penyadartahuan Cinta Lingkungan Pesisir dan Laut Bagi Anak Pesisir Melalui Gerakan Peduli Sampah di Desa Puupi: Awareness of Love for Coastal and Marine Environment for Coastal Children Through the Waste Care Movement in Puupi Village. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 363–367. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4427

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sampah laut merupakan sampah yang berasal dari aktivitas sehari-hari manusia yang sengaja maupun tidak sengaja dibuang di sekitar pesisir/laut. Sehingga dampak yang ditimbulkan oleh sampah laut dapat mengganggu rantai makanan biota laut bahkan sampai mengancam kehidupannya. Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir akan merasakan dampak negatif dari sampah laut antara lain gangguan kesehatan, mendatangkan banjir, merusak pemandangan, menimbulkan bau tidak sedap dan aktivitas perekonomian akan terganggu. Tujuan dari pengabdian memberikan pengenalan biota laut dan ekosistem pesisir  tentang  kepada anak-anak pesisir supaya dapat menumbuhkan kecintaan terhadap pelestarian pesisir dan laut. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan: observasi, rancangan desain media poster sebagai penyampaian informasi kepada masyarakat dan aksi peduli sampah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan aksi peduli sampah dapat menumbuhkan kepedulian anak-anak pesisir sebagai generasi maritim terhadap lingkungan wilayah pesisir dan laut. Selain itu, pemasangan poster terkait dengan jenis-jenis sampah dan waktu terurainya sampah tersebut menjadi media pesan agar selalu menjaga lingkungan.

Referensi

Hamsah. (2017). Kesesuaian Tempat Pembuangan Akhir Sampah Dengan Lingkungan Di Desa Kalitirto Yogyakarta. 6(April), 1–14.

Kristiningsih, A. (2020). Dampak Pencemaran Mikroplastik di Ekosistem Laut terhadap Zooplankton : Review. 2(01), 29–36.

Minta, S., & Meutia, R. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Jumlah Penduduk Terhadap Konsumsi Masyarakat di Provinsi Aceh dengan Regresi Data Panel.

Murtadlo, A., Widhyahrini, K., Jawab, M. T., & Belajar, H. (2019). Model Pembelajaran Interaktif Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. 7, 32–47.

N. Nurul, A. Musqit, E. a. (2022). No Title. 2(2), 3855–3862.

Sara, L., Mansyur, A., Alimina, N., Annaastasia, N., & Jali, W. (2023). Membentuk Generasi Peduli Wilayah Pesisir dan Laut Melalui Bina Desa dan.

Sophie Parsons, falk scheinder, Sally Clift, Andrea Solte, & Marcelle C.McManus. (2018). Collected marine litter — A growing waste challenge. Elsevier, 128, 162–147. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.marpolbul.2018.01.011

William, D., Budi, E., Perencanaan, D., & Arsitektur, F. (2019). Penentuan Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir ( TPA ) Sampah yang Ramah Lingkungan di Kabupaten Bekasi. 8(2).

Biografi Penulis

Nurhuda Annaastasia, universitas halu oleo

roslindah Daeng Siang, universitas halu oleo

risfandi risfandi, universitas halu oleo

rosmawati rosmawati, universitas halu oleo

Nurdiana A, universitas halu oleo

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).