Pelatihan dan Pendampingan Kewirausahaan dalam Mendukung Pemberdayaan Soft Skill Biopreneurship Mahasiswa Pendidikan Biologi

Penulis

Anindita SHM Kusuma , Baiq Sri Handayani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4431

Diterbitkan:

2023-06-30

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Biopreneurship, Soft Skills, Kewirausahaan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusuma, A. S., & Handayani, B. S. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Kewirausahaan dalam Mendukung Pemberdayaan Soft Skill Biopreneurship Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 394–399. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4431

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan dalam mendukung pemberdayaan soft skills biopreneurship mahasiswa pendidikan biologi. Hasil kegiatan menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Hal ini dapat diketahui adanya perbedaan saat diskusi awal saat mengidentifikasi ide awal usaha, yang menunjukkan bahwa ide wirausaha yang diwujudkan menjadi produk jauh lebih baik dan lebih layak untuk dilanjutkan menjadi produk wirausaha. Hasil produk hasil kewirausahaan yang berhasil di jual juga menunjukkan penjualan yang cukup signifikan

Referensi

Rashidi Abbas, F. A. A. K., & Azmie, I. A. G. (2013). Integrating soft skills assessment through soft skills workshop program for engineering students at University of Pahang: an analysis. International Journal of Research in Social Sciences, 2(1), 2307-227X.

Bajgoric, N. (2014). Business continuity management: a systemic framework for implementation. Kybernetes, 43(2), 156-177.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Fitriady, M. Y. (2011). Analisis peluang pasar untuk mengembangkan produk olahan jamur merang di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ, 10(1), 13441.

Kemdikbudristek. (2023). Program Kreativitas Mahasiswa: Pedoman Pelaksanaan PKM Kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kusuma, A. C. K. A. C. (2021). Analisis Keberlangsungan Usaha Pedagang (Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional Ngawen, Kabupaten Blora). SPIRIT EDUKASIA, 1(1), 42-53.

Lavy, I., & Yadin, A. (2013). Soft skills-An important key for employability in the" shift to a service driven economy" era. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(5), 416.

Lüthje, C., & Franke, N. (2003). The ‘making’of an entrepreneur: testing a model of entrepreneurial intent among engineering students at MIT. R&d Management, 33(2), 135-147.

Mahasneh, J. K., & Thabet, W. (2015, April). Rethinking construction curriculum: A descriptive cause analysis for the soft skills gap among construction graduates. In 51st ASC Annual International Conference Proceedings (p. 35).

Paolini, A. C. (2015). School Counselor’s Role in Facilitating the Development of Students’ Soft Skills: Intrapersonal and Interpersonal Attributes to Promote Career Readiness. Global Journal of Human-Social Science, 15(10), 1-10.

Rahayu, S., & Anna, Y. D. (2013). Soft skills attribute analysis in accounting degree for banking. International Journal of Business, Economics and Law, 2(1), 115-120.

Rosyad, A. A. (2018). Analisis Keberlangsungan Usaha Mikro Malang Raya (Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Satrya, I. G.B. H & Suwandana, I. B. M. (2015). Potensi Kewirausahaan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.4, No.12, 2015: 4559-4594.

Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 160-166.

Nopi, N., Sulaiman, A., & Sujadmi, S. (2021). Optimalisasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Gunung. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 23-29.

Biografi Penulis

Anindita SHM Kusuma, University of Mataram

Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).