Pemanfaatan Limbah Feses Sapi Sebagai Pakan Dalam Budidaya Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Di Desa Giri Tembesi Lombok Barat

Penulis

Baiq Diana Safitri , Mardiana , B. A. Janiarti , A. Wahyuli , F. F. F. Putri , Rayyana , W. Apriani , Z. Unsalhusna , Z. Thifali , Karnan

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4457

Diterbitkan:

2023-06-26

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Budidaya Cacing, Limbah Kotoran Sapi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Safitri, B. D. ., Mardiana, Janiarti, B. A. ., A. Wahyuli, F. F. F. Putri, Rayyana, … Karnan. (2023). Pemanfaatan Limbah Feses Sapi Sebagai Pakan Dalam Budidaya Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Di Desa Giri Tembesi Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 332–335. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4457

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan budidaya cacing tanah (Lumbricus Rubellus) di Desa Giri Tembesi Kecamatan Gerung, Lombok Barat adalah untuk memberikan edukasi kepada warga terkait dengan pemanfaatan limbah kotoran sapi sebagai pakan cacing tanah (Lumbricus Rubellus) serta meminimalisisr pencemaran lingkungan dari limbah kotoran sapi. Pengolahan limbah kotoran sapi dapat memberikan manfaat kepada warga desa sekaligus diharapkan output dari budidaya cacing tanah (Lumbricus Rubellus) dapat menjadi produk khusus Desa Giri Tembesi. Oleh karena itu, metode pelaksanaan yang dilakukan dengan cara sosialisasi dan pelatihan sehingga dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan langsung terkait dengan cara budidaya cacing.

Referensi

Anugrah, D., & Alamsyah, T. (2021). Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Pakan dalam Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus di Kampung. 38(38).

Berata, B. 2003. Pertumbuhan, Perkembangbiakan, Dan Kualitas Eksmecat Dari Beberapa Spesies Cacing Tanah Pada Kondisi Lingkungan Yang Berbeda. Pascasarjana Institute Pertanian Bogor.

Candra, Widya. 2012. Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Bio Gas. Piliteknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

Murdjito, G. 2012. Pelatihan Metode Pengabdian Masyarakat Tahun 2012. Online, (Www. Slideshare.Net) Diakses Februari 2023.

Santoso, U., & Brata, B. (2020). Pemanfaatan Kotoran Sapi untuk Budidaya Cacing Tanah dan Produksi Vermikompos di Wonoharjo Girimulyo Kabupaten Bengkulu Utara. 18(02), 119–132.

Utomo, Y., Rohmansah, W., Setyahari, Y., & Malang, U. N. (2019). BUDIDAYA CACING TANAH ( Lumbricus rubellus ) DI.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).