Meningkatkan Bobot Lahir Melalui Perbaikan Tatalaksana Pakan Ternak Kambing di Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Rr. Agustien Suhardiani , Lalu Wirapribadi , Happy Poerwoto , Rina Andriati , Muhammad Ashari , Tahyah Hidjaz

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4458

Diterbitkan:

2023-06-26

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Kambing, Pakan, Flushing, Bobot Lahir

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suhardiani, R. A. ., Wirapribadi, L. ., Poerwoto, H. ., Andriati, R. ., Ashari, M. ., & Hidjaz, T. . (2023). Meningkatkan Bobot Lahir Melalui Perbaikan Tatalaksana Pakan Ternak Kambing di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 341–345. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4458

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Suatu kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk transfer Ipteks kepada para peternak kambing perbibitan di Kabupaten Lombok Tengah, NTB, dilaksanakan di areal peternakan Muda Bakti Barokah (MBB) Farm di desa Lelong Kecamatan Praya Tengah.  Peserta terdiri dari anggota binaan farm dengan jumlah peserta 26 orang peternak. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan manajemen pemeliharaan dengan memacu produksi anak dengan metode flashing terutama pada peternakan pembibitan dengan cara perbaikan pakan pada ternak betina dewasa dalam mempersiapkan kebuntingannya sehingga diharapkan mendapatkan bobot lahir tinggi dan kelahiran prolific. Permasalahan yang ada kurang tepatnya manajemen pemeliharaan  pada ternak mengakibatkan rendahnya bobot lahir anak, rendahnya pertumbuhan  dan  pada akhirnya tidak optimalnya produktivitas ternak. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, Diharapkan kegiatan ini dapat merubah perilaku peternak dalam mengelola ternaknya terutama pada pemberian pakan yang disesuaikan dengan kondisi. Pemeliharaan ternak dengan pemberian pakan hijauan ditambahkan konsentrat pada ternak 2 minggu sebelum dikawinkan untuk mendapatkan anak pada kelahiran kembar (prolifit) dan betina bunting pada sepertiga kebuntingan agar bobot lahir anak meningkat. Pengukuran respon dilakukan pada perkawinan ternak yang menghasilkan kebuntingan serta  bobot lahir yang tinggi.

Referensi

Dahlanuddin (2001). Performance of goats fed commonly available fodder trees during dry season on Lombok Island, Indonesia. Proceedings of the AAAP / ASAP Animal Science Congress. Sydney 2-7 July 2001.

Devendra, C and McLeroy, G.B., (1982). Goat and sheep production in the Tropics.Logman, London and New York.

Lu, C.D., (2006). Boer Goat Production : Progress and Perspective. www.uhh.hawaii.edu/uhh/vcaa/documents/

Pribadi, L.W., L.A. Zaenuri, dan Rodiah (2011). Pembentukan Stockbreeder Kambing Komposit Multipurpose dengan Crossbreeding Kambing Lokal Lombok dengan Kambing Boer. Lap. Penel. Hibah Strategis Nasional DP2M Ditjen Dikti. Univ. Mataram, Mataram

Pribadi, L. W., Poerwoto, H., Hidjaz, T., Ashari, M., Andriati, R., dan Suhardiani, R.A. (2021b). Demplot Penerapan Teknik Reproduksi Terkontrol untuk Promosi Kinerja Perbibitan Kambing Potong di Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3):224-230

Suhardiani, Rr, A., Wirapribadi, L., Poerwoto, H., Ashari, M., Andriati, R & Hidjaz, T. (2021 Penerapan Teknik Flushing untuk Memacu Produksi Peternakan Kambing Perbibitan di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4):241-248

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).