Workshop Analisis Kristalografi Dengan Metode Rietveld Menggunakan Aplikasi X’Pert Highscore

Penulis

Ramadian Ridho Illahi , Arif Budianto , Zahrah Ramadlan Mubarokah , Dian W. Kurniawidi , Siti Alaa , Teguh Ardianto , Susi Rahayu

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i2.4463

Diterbitkan:

2023-06-26

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2023): April-Juni

Kata Kunci:

Data Analysis, Originlab, Crystalline Stucture, XRD Curve

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Illahi, R. R. ., Budianto, A. ., Mubarokah, Z. R. ., Kurniawidi, D. W. ., Alaa, S. ., Ardianto, T. ., & Rahayu, S. . (2023). Workshop Analisis Kristalografi Dengan Metode Rietveld Menggunakan Aplikasi X’Pert Highscore. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 350–354. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4463

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Final year students are required to have the ability to innovate, be creative, have personality, and develop independence in seeking and finding knowledge through realities and field dynamics such as ability requirements, real problems, social interaction, collaboration, self-management, as well as performance demands and achievement targets. In order for students' hard skills and soft skills to be formed strongly, it is felt necessary to provide additional skills, especially those that support the completion of the Final Project. Workshops on the use of the Originlab are quite urgent in research so as to speed up the completion of the Final Project (Thesis) for students interested in Materials. This software is commonly used to prepare XRD, FT-IR, UV-Vis and other spectra that are quite important in materials. In this explanation, a brief description of the XRD data preparation steps is described, starting from data input to quantitative and qualitative data analysis. Data analysis was carried out including determining the value of particle size, FWHM, crystal structure and lattice strain. Workshop participants totaled 20 students and were held for 7 days, from 7 to 15 May 2023 with details of 2 days offline, 1 day online via G-Meet and 4 days of mentoring.

Referensi

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf

Ambarawati, D. A., & Darma, I. M. W. (2021). Strategi komunikasi satgas COVID-19 dalam memberikan sosialisasi prokes kepada lansia di desa Penatahan. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 95–98

Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yulianti Zaqiah, Muhamad Erhadiana, 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jurnal RESLAG Vol 4 No. 1 hal 34-41. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458 diakses tanggal 24 Juni 2023

Fadli Eka Yandra dan Riki Saputra, 2021. Penggunaan Aplikasi OriginLab untuk Analisis Spektrum Gelombang Petir, Jurnal Civronlit Unbari, 6(1), hal 15-21 http://jt.unbari.ac.id/index.php/CIVRONLIT/article/view/81/67, diakses tanggal 23 Juni 2023

Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. 2019. Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 88

S. Sijabat, F Priyulida, Adiansyah, Hotromasari Dabukke, 2020. Pengenalan Aplikasi Origin Versi 6.0 di SMK N 5 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara Vol- 1 no. 1 http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/1099, diakses tanggal 23 Juni 2023

Zahrah Ramadlan Mubarokah, 2021. Pengaruh Komposisi Cu2+ Pada Sintesis BaFe12O19 Dari Pasir Besi Alam Sebagai Material Penyerap Gelombang Mikro. Skripsi. FMIPA Universitas Mataram.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).