Pelatihan Produksi Vermikompos sebagai Usaha Pengelolaan Limbah dan Kemandirian Pupuk Organik Kelompok Tani Kenconowungu Desa Sumbersalak Ledokombo Kabupaten Jember

Penulis

Ahmad Ilham Tanzil , Wahyu Indra Duwi Fanata , Ummi Sholikhah , Tri Ratnasari , Puji Rahayu , Raudhotun Jamila

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4607

Diterbitkan:

2023-07-14

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

limbah organik, kotoran kambing, kualitas lingkungan, Lumbricus rubellus, pertanian organik

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Tanzil, A. I., Fanata, W. I. D., Sholikhah, U., Ratnasari, T., Rahayu, P., & Jamila, R. (2023). Pelatihan Produksi Vermikompos sebagai Usaha Pengelolaan Limbah dan Kemandirian Pupuk Organik Kelompok Tani Kenconowungu Desa Sumbersalak Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 464–469. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4607

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada kelompok tani Kenconowungu Desa Sumbersalak Ledokombo berupa alih teknologi mengenai pembuatan pupuk organik vermikompos sebagai upaya pemanfaatan potensi lingkungan sekitar berupa sampah organik dan cacing tanah (Lumbricus rubellus). Pembuatan vermikompos yang melibatkan cacing dapat mengurangi pencemaran dari limbah organik salah satunya kotoran hewan. Konsumsi cacing terhadap bahan organik berbanding lurus dengan berat cacing, dalam artian semakin banyak cacing yang ditambahkan maka semakin cepat proses penguraian bahan organik. Kegiatan pengabdian ini juga diperkuat dengan tren pertanian organik. Sistem ini merupakan salah satu sistem yang digiatkan oleh pemerintah bagi petani untuk mengatasi permasalahan terkait kelangkaan pupuk. Selain karena kelangkaan pupuk, alasan lain yang memperkuat sistem pertanian organik adalah dapat menjadi cara untuk melestarikan tanah yang terpapar input kimiawi secara berlebihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan atau sosialisasi dan pelatihan serta melakukan evaluasi berupa pretest dan posttest dengan hasil 100% peserta memahami materi yang telah disampaikan dan mendukung keberlangsungan program serta tertarik. dalam melaksanakan kegiatan pelatihan dengan program yang berbeda.

Referensi

Azteria Veza, Devi Angeliana K., Ahmad Irfandi, Erna Veronika, Mayumi Nitami. 2021. Aktualisasi Diet Limbah (Sampah) Padat. Jurnal Abdidas, Vol.2 (4): 783 – 789.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2021. Kecamatan Ledokombo dalam Angka 2021. Tersedia pada : https://jemberkab.bps.go.id/publication/2021/09/24/d8cefb3fa7396ca25614a3e7/kecamatan-ledokombo-dalam-angka-2021.html diakses tanggal 9 Juli 2023.

Cahaya, T. S. A. dan Nugroho, D, A. 2009. Pembuatan Kompos Dengan Menggunakan Limbah Padat Organik (Sampah Sayuran Dan Ampas Tebu). Fakultas Teknik. Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartatik, W. dan Widowati, L.R. 2006. Pupuk Kandang, Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian. Bogor.

Latifah., Yusnia L.G., Eva M.S., Yusup S., Sitti H.S., M. Andika P. 2023. PKM Peningkatan Produktifitas Kambing melalui Teknologi Pakan Serasi dan Optimalisasi Limbah Peternakan di Kelompok Ternak Al. Jauhar, Sorong, Papua Barat. ABDIMASA Pengabdian Masyarakat. 6(1 januari 2023): 47-52.

Nugraha, P. dan Amini, N. 2013. Pemanfaatan Kotoran Sapi menjadi Pupuk Organik. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1), 193-197.

Rahmawati, E., dan Herumurti, W. 2016. Vermikompos Sampah Kebun dengan Menggunakan Cacing Tanah Eudrilus eugeneae dan Eisenia fetida. Jurnal Teknik ITS, 5 (1): 33-37.

Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Biografi Penulis

Ahmad Ilham Tanzil, Universitas Jember

Wahyu Indra Duwi Fanata, Universitas Jember

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Ummi Sholikhah, Universitas Jember

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Tri Ratnasari, Universitas Jember

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Puji Rahayu, Universitas Jember

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Raudhotun Jamila, Universitas Jember

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).