Pendampingan Masyarakat Melalui Kegiatan Berbasis Literasi oleh Komunitas Alam Daur di Desa Batujai, Lombok Tengah

Penulis

Aprillah , M. Zaenal Abidin , Suhardi , Faresta , Riyanto , Habibullah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4633

Diterbitkan:

2023-07-14

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

pendampingan, literasi, komunitas alam daur, pengabdian masyarakat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aprillah, A., Abidin, M. Z., Suhardi , R. M. ., Faresta, R. A., Riyanto, A. A., & Habibullah , B. . (2023). Pendampingan Masyarakat Melalui Kegiatan Berbasis Literasi oleh Komunitas Alam Daur di Desa Batujai, Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 470–478. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4633

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemampuan literasi masyarakat NTB masih tergolong rendah yang dihasilkan oleh beberapa survei dan hasil pengkajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pendampingan kepada masyarakat melalui komunitas Alam Daur dalam upaya peningkatan literasi di daerah Lombok Tengah.  Sasaran program pendampingan ini adalah masyarakat umum termasuk anak-anak di  Desa Batujai Lombok Tengah. Metode dalam pendampingan pengabdian kepada masyarakat dibagi menjadi tiga tahapan; persiapan,  pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendampingan melalui komunitas Alam Daur dalam upaya pengabdian kepada masyarakat memiliki dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi anak serta kesadaran dan kepedulian masyarakat. Hal itu dilihat dari antusiasme penuh masyarakat dalam mendukung kegiatan pengabdian mulai dari musyawarah, membangun gedung bersama, hingga memberikan hak pakai tanah sebagai tempat pendampingan kegiatan pengabdian. Adapun pendampingan pemberdayaan literasi melalui aktivitas belajar-mengajar, diskusi dan kegiatan kreatif lainnya. Kesimpulannya, pendampingan masyarakat melalui komunitas Alam Daur memiliki peran penting yakni memberikan informasi dan literasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama anak-anak serta menjadikan masyarakat lebih peka dan sadar akan pentingnya pendidikan.

Referensi

Adhimi, A. W., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Peran Komunitas Ruang Literasi Juwana Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Langgen Kecamatan Juwana. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 217-226.

Aulina, C. N., Rezania, V., & Destiana, E. (2018). Pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan bagi guru pos paud. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 41-45.

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676.

Fakhruddin, I. S. (2019). The Impact Of Non-Formal Education In Community Development: A Case Study In Pati, Indonesia. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 5(5), 339-352.

Grabe, W. & Kaplan R. (Eds.) (1992). Introduction To Applied Linguistics. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Herwina, W., Qomariah, D. N., & Sulistio, F. (2021). Peran Komunitas Ngejah Dalam Mensukseskan Program Literasi Melalui Taman Baca Masyarakat Aiueo. Jurnal Ilmiah P2m Stkip Siliwangi, 8(1), 91-96.

Kadir, S. F. (2013). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 164-175.

Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa.

Lambert, C., Myers, J., Howard, C., & Adams-Budde, M. (2023). Small Moves: New Teachers’ Perceptions of Authoritative Discourse. Journal of Literacy Research, 55(1), 51–74. https://doi.org/10.1177/1086296X231163122

Mahanani, P. (2018, December). Analysis Of Challenges And Needs Of Generation Behavior In 21st Century. In International Conference On Education And Technology (ICET 2018) (Pp. 146-149). Atlantis Press.

Mahargono, S. (2018). Membangun Kegiatan Literasi Melalui Komunitas: Upaya Pustakawan Bergerak Dengan Program Go-Read. Media Pustakawan, 25(3), 39-48.

Momuat, W. K. P. (2021). Peran Komunitas Literasi Dalam Mendukung Minat Baca Generasi Milenial Di Rumah Baca Cafe Kota Kotamobagu. Acta Diurna Komunikasi, 3(4).

Pamungkas, A. H. (2017, September). Role Of Community Leaders In Efforts To Preserve Literacy Tradition. In the 9th International Conference For Science Educators And Teachers (ICSET 2017) (Pp. 13-16). Atlantis Press.

Prasetyawan, Y. Y., & Suharso, P. (2015). Inklusi Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Perpustakaan Desa. Acarya Pustaka, 1(1), 31-40.

Shantini, Y., Hidayat, D., & Oktiwanti, L. (2019). Community Learning Center In Indonesia: Managing Program In Non Formal Education. International Journal Of Research & Review, 6(11), 522-532.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Suharso, P., & Sarbini, S. (2018). Coastal Community Response To The Movement Of Literacy: A Study On Literacy Culture In Demak Pesantren's. In E3S Web Of Conferences (Vol. 47, P. 07004). EDP Sciences.

Suharso, P., Sudardi, B., Widodo, S. T., & Habsari, S. K. (2018, February). Library Development Strategy For The Community At Coastal Areas. In IOP Conference Series: Earth And Environmental Science (Vol. 116, No. 1, P. 012002). IOP Publishing.

Widodo, A., Anar, A. P., Nursaptini, N., Sutisna, D., & Erfan, M. (2020). Peran Pendidikan Komunitas Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar: Studi Kasus Terhadap Taman Bacaan Masyarakat Di Lombok Tengah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 616-624.

Biografi Penulis

Aprillah, Universitas Nahdlatul Ulama NTB

M. Zaenal Abidin, Universitas Negeri Yogyakarta

Suhardi, National Sun Yat-sen University

Faresta, Monash University

Riyanto, Universitas Mataram

Habibullah, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).