Vol 6 No 3 (2023): Juli - September
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Penanganan Problematika Sekolah Inklusi Melalui Skrining Tumbuh Kembang, Psikososial Pediatric Symptom Checklist-17 (PSC-17), Program Parenting dan Pelatihan Guru ABK di MI Insan Kamil Desa Tulusbesar Tumpang Kabupaten Malang

Penulis

Shinta Kusumawati , Rima Zakiyah , Yeni Amalia , Sri Susanti Tjahja Dini

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4689

Diterbitkan:

2023-07-16

Unduhan

Abstrak

Sekolah inklusi melibatkan anak berkebutuhan khusus (ABK) dan anak normal yang bersama-sama berinteraksi dalam pendidikan di sekolah yang sama. MI Insan Kamil  Desa Tulusbesar  Tumpang  kabupaten Malang merupakan sekolah inklusi satu-satunya di desa Tulusbesar yang terletak cukup jauh dari kota malang (sekitar 30 KM) dengan problematika yang kompleks khususnya problem psikososial baik pada anak didik ABK maupun non ABK. Masalah psikososial orang tua siswa, dan terbatasnya sarana prasarana inklusi beserta guru pembimbing khusus termasuk masih terbatasnya program inklusi di sekolah dasar. Untuk mengatasi problematika tersebut, dilakukan skrining tumbuh kembang anak didik, Skrining   Psikososial  Pediatric Symptom Checklist-17 (PSC-17), Penyuluhan Parenting orang tua ABK dan non ABK, Pelatihan kurikulum pendidikan inklusi pada guru pendamping dan pemberian saran prasarana untuk membantu proses Pendidikan ABK. Program pengabdian ini sangat membantu MI Insan Kamil dalam menaganani promblematika sebagai sekolah inklusi dengan penanganan holistik pada anak didik, para guru, orang tua dan program Pendidikan inklusi.

Kata Kunci:

Problematika, Inklusi, ABK, Skrining Psikososial, Pelatihan

Referensi

Ariastuti, R., Herawati, V.D., Role, O. and Schools, I., 2016. Optimalisasi peran sekolah inklusi. , 1(1), pp.38–47.

Cristiani, A., Dewi, N. and Adhi, N.K., 2021. Dinamika Kelelahan Emosi Orang Tua Yang Memiliki ABK Tunagrahita di SLB Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Mandala, 5(1), pp.43–54. Available at: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1629.

Faradina, N., 2017. Dinamika penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. , 4(1), pp.18–23.

Muchtar, F., Rejeki, S. and Hastian, H., 2022. Pengukuran dan penilaian status gizi anak usia sekolah menggunakan indeks massa tubuh menurut umur. Abdi Masyarakat, 4(2), pp.2–6.

Nuraini, 2022. Problematika sekolah inklusi di perbatasan. Adiba: Journal of Education, 2(1), pp.1–10.

Rahmawati, L. et al., 2016. Gangguan Perilaku Pasien Diabetes Melitus tipe-1 di Poliklinik Endokrinologi Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Sari Pediatri, 9(4), p.264.

Wibowo, A.T. and Anisa, N.L., 2017. Problematika Pendidikan Inklusi di Indonesia. Publikasi Ilmiah UMS, (2), pp.16–20.

Cara Mengutip

Kusumawati, S. ., Zakiyah, R. ., Amalia, Y. ., & Dini, S. S. T. . (2023). Penanganan Problematika Sekolah Inklusi Melalui Skrining Tumbuh Kembang, Psikososial Pediatric Symptom Checklist-17 (PSC-17), Program Parenting dan Pelatihan Guru ABK di MI Insan Kamil Desa Tulusbesar Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 507–512. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4689