Introduksi Metode Budidaya Ikan Sidat (Anguilla sp.) pada Kelompok Penangkap Ikan Sidat di Desa Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Penulis

Muhammad Idris , Utama Kurnia Pangerang , Sarini Yusuf

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4691

Diterbitkan:

2023-07-16

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Ikan Sidat, Pembesaran, Below Market Size, Pakan Kontinu

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Idris, M. ., Pangerang, U. K. ., & Yusuf, S. . (2023). Introduksi Metode Budidaya Ikan Sidat (Anguilla sp.) pada Kelompok Penangkap Ikan Sidat di Desa Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 500–506. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4691

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengintroduksikan metode budidaya ikan sidat (Anguilla sp.) pada Kelompok Penangkap Ikan Sidat di Desa Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, yang berlangsung dari 1 Oktober hingga 2 Desember 2013. Para penangkap ikan sidat, jika memperoleh hasil tangkapan yang masih di bawah ukuran pasar (below market size) seringkali membuang hasil tangkapannya, karena tidak memiliki nilai jual dan konsumsi, padahal dari segi budidaya, dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk pembesaran. Kegiatan meliputi (1) introduksi potensi ikan sidat below market size sebagai bibit pada kegiatan pembesaran ikan sidat; (2) Introduksi jenis pakan untuk ikan sidat, khususnya sejenis udang liar air tawar ukuran kecil (± 2cm) yang cukup melimpah di perairan; (3) Pembuatan kolam percontohan sederhana (demonstration pond); (4) Pengontrolan berkala kondisi ikan sidat selama pemeliharaan.  Disimpulkan, teknologi yang diintroduksikan, menarik perhatian masyarakat.  Namun, perubahan pola penangkap ikan dari â€tangkap, jual, dapat uang†ke pola baru pembudidaya ikan â€tangkap bibit, pelihara sekian lama, lalu dapat uang", serta keterbatasan modal, menjadi faktor penghambat bagi penerapan teknologi yang diintroduksikan.

Referensi

Aditiasari D., 2015. Rezeki mengular dari bisnis "ikan ular" unagi. Https://finance.detik.com/solusiukm/d-3006420/rezeki-mengular-dari-bisnis-ikan-ular-unagi. Diakses tanggal 01 September 2015.

Anonimous, 2010. Studi Spasial Kawasan Konservasi Biota Endemik Sulawesi Tenggara. Kendari (ID) : Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara

Anonimous, 2017. FAO Yearbook, Fishery and Aquaculture Statistic 2016. Food and Agriculture Organization, 2017. Rome. 108 p.

Anonimous, 2017a. Marine and Fishery Statistics. Data in 2014. Kementerian Kelautan dan Perikanan, KKP RI, Jakarta 63 p.

Idris, M., Pangerang, U. K, dan Yusuf, S., 2013. Penerapan Teknologi Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla Sp.) melalui Integrasi Udang Lar (Macrobrachium Sp.) dalam Media Budidaya (Introduksi Teknologi Budidaya dengan Pakan Kontinu pada Kelompok Penangkap Ikan Sidat (Anguilla Sp.) di Desa Andadowi, Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe. Kendari: Laporan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Halu Oleo.

Pangerang, U. K., Idris, M., dan Yusuf, S., 2013. Konservasi Ikan Sidat di Sulawesi Tenggara (Integrasi Udang Lar (Macrobrachium Sp.) sebagai Pakan Alami pada Model Penangkaran Ikan Sidat (Anguilla Sp.). Universitas Halu Oleo. Penelitian Hibah Bersaing.

Pike C., Crook V., and Gollock M., 2019. Anguilla australis. The IUCN Red List of Threatened Species. 31 p.

Rahmawati I., 2014. Bisnis sidat, "ikan ular" yang berharga mahal. Https://money.kompas.com/read/2014/01/20/1104073/. Diakses tanggal 20 Januari 2014.

Sari I., 2023. Harga ikan sidat. Https://sukaikan.com/harga-ikan-sidat/. Diakses tanggal 30 Mei 2023.

Shiraishi, H., and Crook, V., 2015. Eel market dynamics: An analysis of anguilla production, trade and consumption in east asia. Traffic, Tokyo, 45 p.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).