Pelatihan Pembuatan Permen Jilat Sapi Sebagai Pakan Suplemen Pada Kelompok Pemuda Tani Ternak Maju Bersama Di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Kabupaten Sumbawa

Penulis

Azhary Noersidiq , Syamsul Hidayat Dilaga , Muhamad Amin , Oscar Yanuarianto , Suhubdy Suhubdy , Dahlanuddin Dahlanuddin , Fahrullah Fahrullah , Vebera Maslami

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.4783

Diterbitkan:

2023-11-03

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Training, Permen Jilat Sapi, Feed Suplement

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Noersidiq, A., Dilaga, S. H., Amin, M., Yanuarianto, O., Suhubdy, S., Dahlanuddin, D., … Maslami, V. (2023). Pelatihan Pembuatan Permen Jilat Sapi Sebagai Pakan Suplemen Pada Kelompok Pemuda Tani Ternak Maju Bersama Di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 966–970. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.4783

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mitra yang dilibatkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Kelompok Pemuda Tani Ternak Maju Bersama di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Permasalahan yang dihadapi adalah peternak sangat tergantung dengan ketersediaan pakan hijauan namun ketersediaannya terbatas saat musim kemarau dan kurangnya pengetahuan peternak mengenai kecukupan nutrisi pakan terhadap kebutuhan ternak serta kurangnya inovasi peternak untuk memanfaatkan atau mengolah bahan-bahan pakan lokal dan limbah pertanian yang dapat dibuat sebagai pakan alternatif maupun pakan suplemen. Tujuan kegiatan ini adalah membantu peternak untuk meningkatkan produktivitas sapi dengan memanfaatkan bahan–bahan pakan lokal asal limbah pertanian yang tersedia dan diolah dalam bentuk pakan suplemen berupa “Permen Jilat Sapiâ€. Metode kegiatan meliputi penyuluhan tentang pembuatan permen jilat sapi dan pelatihan langsung pembuatan kepada peternak. Hasil kegiatan adalah permen jilat sapi yang dihasilkan tergolong bagus dengan tekstur keras dan tidak lunak serta beraroma wangi dengan bau khas molasses dan jagung. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan, pemahaman peternak terhadap Permen Jilat Sapi setelah dilaksanakan pelatihan bekisar 80%-90%. Hal ini dapat digunakan sebagai indikasi bahwa kegiatan telah berhasil dan mendapat respon yang baik dari peternak dan sebanyak 70% peserta bersedia menerapkan pakan suplemen ini untuk ternaknya.

Referensi

Antwi C. 2014. Small Ruminants Feed Improvement Handbook. Anwomaso. Prisebs Publishers Hal. 2-21

Badan Pusat Statistika (BPS). 2021. Kecamatan Moyo Utara dalam Angka. BPS Kabupaten Sumbawa - NTB.

Febrina, D dam M. Liana. 2008. Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ruminansia pada peternakan rakyat di Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragari Huu. Jurna Peternakan. 5(1) p:28-37.

Focus. 2005. International Focus Information Centre For Small Scale Farmers in Asia: Philippines Council for Agriculture, Forestry and Natural Resources and Development (PCARRD) Los Banos, Laguna, 4030 The Philippines.

Garcia LO & Restrepo JIR. 1995. Multinutrient Block Handbook (FAO Better Farming Series no. 45). Rome (IT): Food and Agriculture Organization of United Nation.

Hatmono, H. dan I. Hastoro, 1997. Urea Molases Blok Pakan Supleme Ternak Ruminansia. Trubus Agriwidya. Ungaran

Nista D, Natalia H, Taufik A. 2010. Teknologi Pengolahan Pakan. Palembang. Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. Hlm. 2-3

Supratman dan Iwan. 2001. Manajemen Pakan Sapi Potong. Pelatihan Wirabisnis Feedlot Sapi Potong. Fakultas Peternakan,UNPAD. Bandung

Yanuartono, Soedarmanto I, Alfarisa N, Purnamaningsih H dan Raharjo S. 2019. Urea molasses multinutrien blok sebagai pakan tambahan pada ternak ruminansia Jurnal Veteriner. 20(3): 445-451. doi: 10.19087/jveteriner.2019.20.3.445.

Biografi Penulis

Azhary Noersidiq, Universitas Mataram

Syamsul Hidayat Dilaga, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Muhamad Amin, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Oscar Yanuarianto, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Suhubdy Suhubdy, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Dahlanuddin Dahlanuddin, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Fahrullah Fahrullah, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Vebera Maslami, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).