Penyuluhan Tentang Ayo Makan Ikan Untuk Menunjang Imunitas Tubuh
DOI:
10.29303/jpmpi.v6i3.4816Diterbitkan:
2023-07-28Terbitan:
Vol 6 No 3 (2023): Juli - SeptemberKata Kunci:
Makan Ikan, Imunitas TubuhArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang ikan untuk menunjang imunitas tubuh, serta mengajak untuk gemar makan ikan sebagai penyedia protein hewani. Penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Selain itu dilakukan pretes dan postes untuk melihat peningkatan pemahaman tentang materi yang telah disampaikan. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 1 Sesela dengan sasaran peserta didik kelas 6, dengan jumlah 26 orang. Semua yang hadir mengikuti tes awal (pretes) dan tes setelah penyampaian materi (postes) dengan penuh semangat dan disiplin. Rata-rata hasil pretes sebesar 68 dan rata-rata hasil postes sebesar 86. Hasil penghitungan gain ternormalisasi sebesar 0,56. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: (1), Pemahaman tentang ikan untuk menunjang imunitas tubuh peserta didik SDN 1 Sesela meningkat dalam kategori sedang; (2). Pemanfaatan ikan sebagai lauk dalam kehidupan sehari-hari akan menunjang imunitas tubuh.
Referensi
Anonim1. 2022. Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat NTB Masih di Bawah Rata-rata Nasional. https://www.suarantb.com
Anonim2. 2022. Angka Konsumsi Ikan di NTB Tembus 50,21 Kg Per Kapita Per Tahun. https://www.suarantb.com
Bandono, S. 2020, Jaga Imunitas di masa Pandemi covid 19 dengan konsumsi buah berkualitas.
Danil, M. 2021. Pengaruh model based learning di kalangan siswa berkemampuan akademik berbeda terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(1). 392-401
Diniyanti, D.2023. 12 manfaat ikan yang menyehatkan bagi tubuh. https://www.sehatq.com/artikel/ini-manfaat-makan-ikan-yang-menyehatkan-bagi tubuh
Menkes RI. 2014. PMK RI no 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.
Menhan.2012. Undang-undang Republik Indonesia No 18 tahun 2012 tentang pangan. https://www.kemhan.go.id
Pujiriyanto. 2019. Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21, PPG Daljab. Jakarta
Riskesdas.2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018 Kemenkes RI Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.
Satria,R. dkk. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan standart, kurikulum dan asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia
Salma, Z.F. 2022. Manfaat Ikan laut dan tawar yang baik untuk tumbuh kembang anak. https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/manfaat-ikan-untuk-kesehatan-tubuh
Shanti, W.N., Sholihah, D.A. & Martyanti, A. 2017. Meningkatkan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidkan ).8(1):48
Undang-undang Republik Indonesia nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan undang-undang nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan.
Wijayanti, I., R. Ibrahim, T.W. Agustini, dan U. Amalia. 2010. Gizi Ikan (bahan Ajar). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Wahyudin, S. dan Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Idonesia. 6. 58-62
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).