Pembuatan Pupuk Kompos Dari Limbah Kotoran Sapi Untuk Menambah Kesuburan Tanaman Holtikultura Dilahan Perkarangan Rumah Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Cindy Marwa Safira , Kumara Damayanti , Selly Tri Noviastanti , Cahayu , Rokyal Aini , Zul Ma’arij , Moh. Muliawan , Naseem Hammed Putra Djonggat , Muhammad Yusrizal

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4818

Diterbitkan:

2023-07-28

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Limbah, Budidaya Holtikultura

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Safira, C. M. ., Damayanti, K. ., Noviastanti, S. T. ., Cahayu, Aini, R. ., Ma’arij, Z. ., … Yusrizal, M. . (2023). Pembuatan Pupuk Kompos Dari Limbah Kotoran Sapi Untuk Menambah Kesuburan Tanaman Holtikultura Dilahan Perkarangan Rumah Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 545–548. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4818

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Rumah Pangan Lestari (RPL) yaitu rumah tangga dengan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam implementasi program Rumah Pangan Lestari (RPL) dalam upaya peningkatan ketahanan pangan Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara melalui media Holtikultural, ada beberapa tahapan yang harus tercantum dalam rencana pelaksanaan yaitu, Persiapan, Perencanaan Kegiatan, Sosialisasi, Pembentukan Kelompok, Pelatihan, Pelaksanaan, Pembiyaan, Monitoring dan Evaluasi.

Referensi

Choiroel Anwar, Hari Rudiyanto Indro W., Budi Triyantoro, Gatot Murti. 2019. Pembuatan Pupuk Kompos dengan Komposter dalam Pemanfaatan Sampah di Desa Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. JurnalLink. vol 15, hal 46-49.

Nugraha, P & Amini, N. 2013. Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. vol 2, hal 193–197.

Puspadewi, S., W. Sutari., Kusumiyati. 2016. Pengaruh konsentrasi pupuk organik cair (POC) dan dosis pupuk N,P,K terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung (ZeamaysL. Var Rugosa Bonaf) kultivar talenta. Jurnal kultivasi. vol 15, hal 209- 21.

Wibowo Nenobesi, D., Mella, W., & Soetedjo, P. (2017). Pemanfaatan Limbah Padat Kompos Kotoran Ternak dalam Meningkatkan Daya Dukung Lingkun gandan Biomassa Tanaman Kacang Hijau (VignaradiataL.). Pangan, 26,43–55.

Wahida dan Suryaningsih Ni Luh Sri. 2016. Analisis Kandungan Unsur Hara Pupuk Organik Cair dari Limbah Rumah Tangga di Kabupaten Merauke. Jurnal Agricola. vol 6, hal 1673.

Warjoto, R. E., Canti, M., & Hartanti, A. T. 2018. Metode Komposting Takakura untuk Pengolahan Sampah Organik Rumah Tangga di Cisauk, Tangerang. Jurnal Perkotaan. vol 10, hal 76–90.

Biografi Penulis

Cindy Marwa Safira, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).