Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Tes Calon Guru IPA Berbasis Rasch Model Dan Aplikasi Winstep

Penulis

Aliefman Hakim , Burhanuddin , Jackson Siahaan , Jono Irawan

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.4897

Diterbitkan:

2024-12-12

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Evaluasi, Rasch Model, Winstep

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hakim, A., Burhanuddin, Siahaan, J., & Irawan, J. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Tes Calon Guru IPA Berbasis Rasch Model Dan Aplikasi Winstep. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1822–1827. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.4897

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Clasical Test Theory (CTT) masih digunakan secara luas oleh guru dalam mengolah data hasil tes siswa dalam menentukan nilai akhir. CTT memiliki banyak kelemahan dalam evaluasi seperti mengolah data mentah, menjadikan skor sebagai nilai akhir, tidak dapat menginterpretasi kemampuan siswa secara komprehensif, tidak dapat membedakan tingkat kemampuan siswa berdasarkan gender. Rasch Model menawarkan metode evaluasi modern dengan interpretasi kemampuan siswa yang komprehensif dan dengan data matang (logit) dalam menentukan tingkat pemahaman siswa. Data logit merupakan data transformasi dari data mentah ke data interval yang siap dianalisis. Aplikasi winstep dalam analisis Rasch menggunakan tiga jenis evaluasi dalam menentukan hasil tes siswa yaitu peta item-person, skalogram, dan perbedaan gender. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan pre-tes untuk mengetahui kemampuan awal guru dalam evaluasi. Guru diberikan pelatihan preperasi data dan teknik analisis dengan apliaksi winstep. Pata tahap akhir diberikan post-tes dan refleksi terhadap pelaksanaan kegiatan. Data dianalisis dengan teknik analis persentase dari respon peserta. Hail pre tes menunjuk bahwa 100% belum pernah analisis dengan apliaksi winstep. Kegiatan pelatihan memberikan respon positif dari peserta. Berdasarkan hasil pelatihan menunjukkan bahwa calon guru wajib mengetahui teknik evaluasi hasil tes siswa dengan analisis yang berkualitas dan hasil yang akurat dalam menentukan prestasi siswa.

Referensi

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model: Fundamental measurement in the human sciences (3rd ed.). Routledge.

Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model: Fundamental measurement in the human sciences (3rd ed.). Routledge.

Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Springer.

Guttman, L. (1950). The basis for scalogram analysis. In S. A. Stouffer (Ed.), Measurement and Prediction (pp. 60-90). Princeton University Press.

Irawan, J., Hadi, S., Zulandri, Z., Jamaluddin, J., Syukur, A., & Hadisaputra, S. (2021). Validating metacognitive awareness inventory (MAI) in chemistry learning for senior high school: A rasch model analysis. Jurnal Pijar Mipa, 16(4), 442-448.

Linacre, J. M. (2014). A User's Guide to WINSTEPS® Rasch-Model Computer Programs. Winsteps.com.

Sasmoko, Abbas, B. S., Indrianti, Y., & Widhoyoko, S. A. (2018). Indonesian teacher engagement index: A rasch model analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012027

Smith, J. A., & Johnson, L. R. (2023). Gender Bias in Education: Addressing the Gap. Educational Review, 75(2), 150-172. https://doi.org/10.1080/00131911.2022.2150412

Sudihartinih, E., & Sudihartinih, E. (2019). ANALYSIS OF STUDENTS’ SELF EFFICACY REVIEWED BY GEOMETRIC THINKING LEVELS AND GENDER USING RASCH MODEL. In Journal of Engineering Science and Technology (Vol. 14, Issue 1).

Sumintono, B. (2018). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Sumintono, B. (2018, February). Rasch model measurements as tools in assesment for learning. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 38-42). Atlantis Press.

Tenenbaum, G., & Drasgow, F. (2002). Measurement theory and applications for the social sciences. Sage Publications.

White, R. P., & Green, M. E. (2022). Inclusive Pedagogy: Strategies for Gender Equity in Education. Journal of Educational Equity, 18(3), 245-265. https://doi.org/10.1177/15554589221140210

Wright, B. D., & Stone, M. H. (1979). Best Test Design: Rasch Measurement. MESA Press.

Biografi Penulis

Aliefman Hakim, Universitas Mataram

Burhanuddin, Universitas Mataram

Jackson Siahaan, Universitas Mataram

Jono Irawan, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Aliefman Hakim, Burhanuddin, Jackson Siahaan, Jono Irawan

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).