Inovasi Pembuatan Nugget Kombinasi Ayam dan Jagung untuk Peningkatan Flavour di Desa Bajur, Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Fahrullah Fahrullah , Bulkaini Bulkaini , Djoko Kisworo , Baiq Rani Dewi Wulandani , Wahid Yulianto , Haryanto Haryanto , Azhary Noersidiq , Vebera Maslami

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4920

Diterbitkan:

2023-08-15

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Bajur, Corn, Flavour, Nugget

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fahrullah, F., Bulkaini, B., Kisworo, D., Dewi Wulandani, B. R., Yulianto, W., Haryanto, H., … Maslami, V. (2023). Inovasi Pembuatan Nugget Kombinasi Ayam dan Jagung untuk Peningkatan Flavour di Desa Bajur, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 561–565. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4920

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Nugget ayam merupakan produk olahan daging ayam yang melalui proses penggilingan yang dicetak dalam berbagai bentuk dan ditambahkan tepung panir. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memanfaatkan potensi jagung yang banyak terdapat di Desa Bajur Kabupaten Lombok Barat dengan mengembangkan inovasi pembuatan nugget ayam dan menjalin kerjasama yang baik antara perguruan tinggi dengan kelompok sosial kemasyarakatan sebagai penggerak perekonomian masyarakat desa. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan penyampaian materi melalui ceramah, demonstrasi pembuatan nugget, pendampingan pembuatan dan tahap evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran khususnya ibu-ibu PKK di desa Bajur tentang pengolahan produk pangan hewani yaitu nugget dan dapat meningkatkan pemahaman & pengetahuan sehingga dapat membuat usaha rumah tangga untuk kesejahteraan keluarga.

Referensi

Alsuhendra dan Ridawati. 2017. Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Jagung Manis pada Tutor Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (2): 100-107.

Anggara, G., Nopianti, R., dan Herpandi. 2016. Pengaruh Suhu dan Lama Perendaman dalam Air Dingin Praperebusan terhadap Kualitas Bakso Ikan Patin (Pangasius pangasius). FistecH-Jurnal Teknologi Hasil Perikanan. 5(2): 134-45.

Fahrullah, F., Ervandi, M., Mokoolang, S., Gobel., Y. A., dan Djibran, M. 2023. Pendampingan Pembuatan Chicken Nugget Singkong untuk Meningkatkan Keanekaragaman Produk Pangan Hewani. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 6 (1): 358-362.

Fahrullah, F., Ervandi, M., Mokoolang, S., Repi, T., Gobel, Y.A., Indriati, M.A., Djibran, M.M., Korompot, I., Sayuti, M., dan Asruddin. Sosialisasi Konsumsi Olahan Sehat Hasil pertanian (Jagung dan Telur) di Desa Molowahu Kecamatan Tibawa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 6(1): 414-418.

Fajri, P.Y., Putri, N.E., Novita, R., Gusmalini., dan Muchrida, Y. 2021. Alih Teknologi Pengolahan Pangan Lokal di Kenagarian Andaleh, Limapuluh Kota. Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1): 81-86.

Kusumayanti, H., Triaji, R., dan Bagus, S. 2018. Pangan Fungsional dari Tanaman Lokal Indonesia. Jurnal Metana. 12 (1): 26-30.

Nisa, T.K. 2013. Pengaruh Substitusi Nagka Muda (Artocarpus heterophyllus LMK) terhadap Kualitas Organoleptik Nugget Ayam. Food Science and Culinary Education Journal. 2(1): 63-71.

Tjambolang, T.A., Radjab, E., Paramita, V.D., dan Yuliani, H.R. 2019. IbM Pembuatan Nugget Berbahan Dasar Jagung di Desa Pa’rasangang Beru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 212-215.

Triandita, N., Maifianti, K.S., Rasyd, M.I., Yuliani, H., dan Angraeni, L. 2020. Pengembangan Produk Pangan Fungsional dalam Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Suak Pandan Aceh Barat. Logista-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 4 (2): 457-464.

Biografi Penulis

Fahrullah Fahrullah, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Bulkaini Bulkaini, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Djoko Kisworo, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Baiq Rani Dewi Wulandani, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Wahid Yulianto, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Haryanto Haryanto, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Azhary Noersidiq, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Vebera Maslami, Universitas Mataram

Program Studi Peternakan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).