Strategi Promosi Untuk Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Desa Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Maula Sastaperkasa

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4934

Diterbitkan:

2023-09-15

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pariwisata, Festival, Promosi, Wisatawan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sastaperkasa, M. (2023). Strategi Promosi Untuk Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Desa Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 701–703. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4934

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Nilai estetika merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dalam Konstitusi, sumber daya dibidang pariwisata Indonesia harus digunakan untuk kemakmuran rakyat sebesar-besarnya. Desa Timbanuh sebagai desa wisata memiliki pariwisata terkait destinasi alam, destinasi budaya, dan destinasi buatan.  Permasalahan pariwisata di Desa Timbanuh salah satunya adalah minimnya publikasi, sehingga perlu diadakan promosi wisata berupa festival. Tim mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram Desa Timbanuh menginisiasi Festival Pariwisata Timbanuh 2023. Rangkaian kegiatan dalam festival ini adalah sosialisasi, bazaar, jalan sehat pertunjukan gendang belek, dan pembagian doorprize. Kegiatan festival ini berhasil menjadi sebuah strategi promosi untuk menarik wisatan mendatangi Desa Timbanuh. Kegiatan ini perlu bekerja sama dengan swasta untuk sponsorship dan perlu dilakukan pendataan pendapatan.

Referensi

Kant, I. (1987). The Critique of Judgment. Indianapolis: Hackett Publishing Company, Inc.

Kurniawan, A. R., & Primawardani, Y. (2021). Dampak Bisnis Pariwisata Terhadap Masyarakat Lokal: Studi Dampak Bisnis Pariwisata Terhadap Hak Asasi Manusia. Jurnal Legislasi Indonesia Vol. 18 No. 1 , 116-126.

SBM, N. (2020). Beberapa Masalah Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata di Indonesia. Pariwisata, Vol. 7 No. 2, 124-131.

Biografi Penulis

Maula Sastaperkasa, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).