Vol 6 No 3 (2023): Juli - September
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Strategi Promosi Untuk Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Desa Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Maula Sastaperkasa

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4934

Diterbitkan:

2023-09-15

Unduhan

Abstrak

Nilai estetika merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dalam Konstitusi, sumber daya dibidang pariwisata Indonesia harus digunakan untuk kemakmuran rakyat sebesar-besarnya. Desa Timbanuh sebagai desa wisata memiliki pariwisata terkait destinasi alam, destinasi budaya, dan destinasi buatan.  Permasalahan pariwisata di Desa Timbanuh salah satunya adalah minimnya publikasi, sehingga perlu diadakan promosi wisata berupa festival. Tim mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram Desa Timbanuh menginisiasi Festival Pariwisata Timbanuh 2023. Rangkaian kegiatan dalam festival ini adalah sosialisasi, bazaar, jalan sehat pertunjukan gendang belek, dan pembagian doorprize. Kegiatan festival ini berhasil menjadi sebuah strategi promosi untuk menarik wisatan mendatangi Desa Timbanuh. Kegiatan ini perlu bekerja sama dengan swasta untuk sponsorship dan perlu dilakukan pendataan pendapatan.

Kata Kunci:

Pariwisata, Festival, Promosi, Wisatawan

Referensi

Kant, I. (1987). The Critique of Judgment. Indianapolis: Hackett Publishing Company, Inc.

Kurniawan, A. R., & Primawardani, Y. (2021). Dampak Bisnis Pariwisata Terhadap Masyarakat Lokal: Studi Dampak Bisnis Pariwisata Terhadap Hak Asasi Manusia. Jurnal Legislasi Indonesia Vol. 18 No. 1 , 116-126.

SBM, N. (2020). Beberapa Masalah Dalam Pengembangan Sektor Pariwisata di Indonesia. Pariwisata, Vol. 7 No. 2, 124-131.

Biografi Penulis

Maula Sastaperkasa, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Sastaperkasa, M. (2023). Strategi Promosi Untuk Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Desa Timbanuh, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 701–703. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4934