Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Talang Kelapa

Penulis

Ita Ita , Bryhan Arezda , Zena Lusi

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.4939

Diterbitkan:

2023-08-15

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, Kewirusahaan, UKM

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ita, I., Arezda, B. ., & Lusi, Z. . (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Talang Kelapa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 585–590. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.4939

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mengatasi masalah pengangguran tidak hanya dilakukan dengan membuat program-program pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Diperlukan upaya terus-menerus yang ditunjang dengan kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Artinya mengatasi kemiskinan salah satunya dengan menanamkan jiwa wirausaha sehingga tidak tergantung pada lapangan kerja yang ada dan sangat terbatas. Untuk mencapai itu semua tidak hanya memberikan modal usaha yang dapat digunakan untuk membuka usaha baru. Akan tetapi diperlukan adanya pelatihan yang lebih kepada membengkitkan dan mengembangkan jiwa wirausaha dalam masyarakat. Tujuan dari pelatihan wirausaha bukan mengarahkan masyarakat atau pelaku UKM untuk membuat usaha baru, tetapi membantu pelaku UKM untuk melihat peluang usaha dan pasar baru dengan melihat dari sudut yang berbeda. Sudut berbeda tersebut lebih diarahkan kepada perlunya ada inovasi baru dari usaha yang sekarang telah dijalankan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini lebih kepada pembelajaran orang dewasa. Pembelajaran orang dewasa ini lebih ditekankan kepada bagaimana peserta pelatihan untuk dapat menggali segala masalah dan potensi yang dimiliki oleh dirinya maupun lingkungannya. Setelah itu dengan brainstornming peserta diajak untuk membuat alternatif-alternatif pemecahan masalah dengan berdasarkan potensi yang ada. Hasil pelatihan memperlihatkan bahwa peserta pelatihan semakin terbuka matanya bahwa untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya tidak hanya berdiam diri dengan apa yang telah dicapai. Diperlukan adanya sudut pandang baru dalam memandang usaha yang telah dilakukan. Untuk mendukung sudut pandang baru tersebut tentunya harus diimplementasikan dalam praktik. Praktik dari inovasi tersebut adalah inovasi produk baru dari produk-prodrk yang sudah ada. Dengan adanya inovasi produk yang didasarkan dari potensi yang ada maka akan membuka pasar baru sehingga akan membuka ekspansi bisnis baru.

Referensi

Astrina, F., Afrida, A., Welly, W., Ningsih, N. H., Yanti, D., & Yuliachtri, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan, Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu II. Suluh Abdi, 3(2), 113-122.

Bank Indonesia, (2020). “Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)â€. http://www/bi.go.id.

Hadiyati, E. 2010. Pemasaran untuk UMKM (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Malang: Bayumedia

Kasmir, (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Khoiruddin dan Alichah. (2017). “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKKM) di Kabupaten Jombangâ€. Jurnal @Trisula LP2M Undar Edisi 5 Vol.1 Agustus 2017 ISSN. 2442-3238

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia, (2020). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Jakarta

Mulyana, N., & Ishartono, I. (2018). Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 31-42.

Sofian Syafri Harahap (2011), Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tsuraya, V. A., Hidayatullah, L., Triani, D., Nubaidillah, N., Istiqomah, A. N., & Lusianingrum, F. P. W. (2021). Pelatihan kewirausahaan guna menumbuhkan minat berwirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2583-2593.

Tulus Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Wahyudi, W., Sugiarti, E., Mukrodi, M., Salam, R., & Anwar, S. (2021). Membangun Minat Berwirausaha Melalui Kegiatan Learning, Sharing & Practice. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 1-10.

Biografi Penulis

Ita Ita, Institut Teknologi dan Bisnis Nasional Banyuasin

Bryhan Arezda, Institut Teknologi dan Bisnis Nasional Banyuasin

Zena Lusi, Institut Teknologi dan Bisnis Nasional Banyuasin

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).