Penyuluhan dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Pupuk Organik Berbasis Tanaman Air pada Masyarakat Petani Sekitar Danau Lebo Meraran

Penulis

Pande Komang Suparyana , Ni Wayan Sri Suliartini , Dewi Seprianingsih , Rizka Donny Agung Saputra , Jami’atul Aulia , Faturrahman

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5005

Diterbitkan:

2023-08-22

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Danau Lebo; Pupuk Organik; Eceng Gondok; Teratai; KSB

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suparyana, P. K. ., Suliartini, N. W. S. ., Seprianingsih, D. ., Saputra, R. D. A. ., Aulia, J. ., & Faturrahman. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Pupuk Organik Berbasis Tanaman Air pada Masyarakat Petani Sekitar Danau Lebo Meraran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 621–625. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5005

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk organic tanaman ini telah dilakukan.  Model kegiatan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi  dan praktek langsung.  Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari petani, kelompok wanita tani dan masyarakat disekitar kawasan Danau Lebo.Pelaksanaan kegiatan pengabdian telah berjalan dengan lancar dan diikuti secara antusias oleh peserta. Antusiasme peserta ditandai dengan aktifnya peserta dalam bertanya maupun dalam melakukan praktek langsung pembuatan pupuk organic berbahan dasar enceng gondok. Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai teori dan praktek pembuatan pupuk organic.

Referensi

Christanti, D. D. (2019). The potential of aquatic macrophytes in Lake Lebo, South Sulawesi, Indonesia as a source of organic fertilizer. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1), 012012.

Fitrihidajati H., Ratnasari E., Isnawati, Soeparno G., 2015. Kualitas Hasil Fermentasi Pada Pembuatan Pakan Ternak Ruminansia Berbahan Baku Eceng Gondok (Eichornia crassipes). Biosaintifika 7 (1) (2015)

Hanif, N. F., & Syarifuddin, H. (2018). The potency of aquatic plant in Lebo Lake, South Sulawesi, Indonesia, as a source of natural organic fertilizer. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 102(1), 012056.

https://www.gotravelaindonesia.com/pesona-danau-lebo-taliwang/

Puspitasari, D (2015). Hidrolisat Protein Eceng Gondok (Eichornia crassipes) Rebus Menggunakan Starter Khamir Laut dan Molase Rebus dengan Proses Fermentasi. ï›Thesisï, Universitas Brawijaya.

Putri, N. E., & Rahayu, R. S. (2020). Development of organic fertilizer from aquatic plants in Lebo Lake and its effect on chili plant growth. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 415(1), 012033.

Ramlan P., & Indrianti M.A., 2018. Analisa Potensi Eceng Gondok (Eichhornia crassipes ) Danau Limboto Sebagai Pakan Ternak. Prosiding Seminar Nasional Integrated Farming System, Gorontalo 25-26 November 2018

Zulfikar, F., Munir, M., & Atmadja, W. S. (2019). Potential of water hyacinth (Eichhornia crassipes) as a source of organic fertilizer in agricultural land. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 293(1), 012057.

Biografi Penulis

Faturrahman, Mataram University

biology mata air indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).