Penanaman Mangrove Di Kawasan Ekowisata Bale Mangrove Poton Bako Lombok Timur

Penulis

Eni Suyantri , Agil Al Idrus , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5006

Diterbitkan:

2023-08-16

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Rhizophora mucronata; Penanaman mangrove; Ekowisata Bale Mangrove.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suyantri, E. ., Idrus, A. A. ., Handayani, B. S. ., & Lestari, T. A. . (2023). Penanaman Mangrove Di Kawasan Ekowisata Bale Mangrove Poton Bako Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 597–602. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5006

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penanaman mangrove merupakan upaya dalam menjaga dan mempertahankan kelestarian hutan mangrove. Ekowisata Bale Mangrove sebagai kawasan wisata alam senantiasa berupaya untuk meningkatkan layanan ekowisata salah satunya dengan selalu menjaga kelestarian hutan mangrove di kawasan pesisir Poton Bako dan menyelenggarakan kegiatan Festival Bale Mangrove setiap tahun. Salah satu rangkaian kegiatan Festival Bale Mangrove tahun 2023 adalah penanaman mangrove di kawasan ekowisata. Kegiatan penanaman mangrove kurang lebih diikuti oleh 33 instansi dan puluhan masyarakat sekitar. Kegiatan penanaman mangrove diawali dengan persiapan penanaman yaitu berkoordinasi dengan pengelola ekowisata dan penyiapan bibit mangrove sebanyak 300 bibit Rhizophora mucronata. Pada tahap pelaksanaan penanaman mangrove, ditentukan titik penanaman mangrove dan para peserta dibagikan bibit mangrove, tali rafia serta pasak kayu. Setelah penanaman mangrove dilakukan diskusi antar mitra yang terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove

Referensi

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut F. 2006. Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta : Pusbar UGM & Andi Yogyakarta.

Hafsar, Khairul, Ambo Tuwo, Amran Saru. 2014. Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata Mangrove Di Sungai Carang Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar.

Karminarsih, Emi. 2007. Pemanfaatan Ekosistem Mangrove bagi Minimasi Dampak Bencana di Wilayah Pesisir. JMHT Vol. XIII (3): 182-187, Desember 2007.

Pirzan, A.M., D. Rohama, Utojo, Burhanuddin, Suharyanto, Gunarto, H. Padda. 2001. Telaah Biodiversitas di Kawasan Tambak dan angrove. Laporan Akhir Proyek Inventarisasi dan Evaluasi Sumber Daya Perikanan Pesisir. Balai Penelitian Perikanan Pantai, Maros 37 hlm.

Wijaya, Yuna Auliani. 2021. Ekowisata Hutan Mangrove Sebagai Destinasi Pariwisata Di Belawan Sumatera Utara. Sintaksis : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1 No 1 Juni 2021, 71 – 81.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).