Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Rumah Konversi Energi dan Penerapannya dengan Model STEM
DOI:
10.29303/jpmpi.v3i2.507Diterbitkan:
2020-11-24Terbitan:
Vol 3 No 2 (2020): .Kata Kunci:
Rumah Konversi Energi, STEM.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain dan menggunakan media pembelajaran rumah konversi energi yang dierapkan dengan model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil dan tepat sasaran, karena peserta pelatihan merasa mendapatkan bekal cara-cara pengembangan media pembelajaran dan termotivasi untuk menerapkannya saat pembelajaran. Selain itu, peserta pelatihan cukup puas dengan diadakan pelatihan tersebut dan berkeinginan kegiatan pelatihan tersebut berkelanjutan.
Referensi
Adhelacahya, K., Nur, A.A., Said dan Habsari, R.A. Inovasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Penalaran dan Penelitian Mahasiswa, (4), 1, 147-164.
Doyan, A, Susilawati, Bahri, S., Muhlis, dan Artayasa, I. P. (2019). Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). (2), 1, 24-27.
Izzati, Nur. Linda Rosmery. Susanti. Nur Asma. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran EraRevolusi Industri 4.0. I (2): 83- 89.
Stehle, S. M., & Peters-Burton, E. E. (2019). Developing student 21 st Century skills in selected exemplary inclusive STEM high schools. International
Journal of STEM Education, 6(1), 39. https://doi.org/10.1186/s40594-019-
-1.
Susilawati, Doyan, A., Taufik, M. dan Zuhdi, M. 2019. Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di SMP Islam Terpadu Putra Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI), (2), 1, 34-36.
Torlakson.T.(2014).Innovate: A Blueprint for Science, Technology, Engineering,
and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.
Biografi Penulis
Susilawati Susilawati, unram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).