Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pada Kelompok Tani Sayuran Di Desa Kampung Dalam

Penulis

Junita Lubis , Khairul Rizal , Aulia Indra , Zuriani Ritonga

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5090

Diterbitkan:

2023-09-01

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pengelolaan keuangan, Kelompok tani, Pelatihan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lubis, J., Rizal, K., Indra, A., & Ritonga , Z. . (2023). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Pada Kelompok Tani Sayuran Di Desa Kampung Dalam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 647–650. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5090

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan yang sering terjadi pada kelompok tani kelapa sawit salah satunya adalah modal pengembangan usaha yang terbatas dan pengelolaan keuangan yang masih tidak tertata dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka timpelaksana pelatihan mengangkat tema tentang tata cara pengelolaan keuangan pada kelompok tani sayuran di Desa Kampung Dalam. Tim akan memberikan simulasi pembuatan proposal kelayakan usaha dan bisnis sayuran dan pelatihan penyusunan laporan keuangan usaha sayuran. Dengan dilakukan beberapa program dalam pelatihan ini. Diharapkan petani dapat meningkatkan pengetahuan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh petani sayuran.

Referensi

Anggarini, D. R., Nani, D. A., & Aprianto, W. (2021). Penguatan Kelembagaan dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Petani Kopi pada GAPOKTAN Sumber Murni Lampung (SML). Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 59–66.

Farwitawati, R. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Prosiding Sembadha, 1, 225–229.

Indonesia, B. (2015). Peraturan Bank Indonesia. Retrieved September, 15, 2017.

Salmon, K. E., & Mandei, J. R. (2017). Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kelompok Tani Asi Endo di Desa Tewasen Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan. AGRI-SOSIOEKONOMI, 13(3A), 259–270.

Sayifullah, S., & Emmalian, E. (2018). Pengaruh tenaga kerja sektor pertanian dan pengeluaran pemerintah sektor pertanian terhadap produk domestik bruto sektor pertanian di Indonesia. Jurnal Ekonomi-Qu, 8(1).

Sukirman, S., Hidayah, R., Suryandari, D., & Purwanti, A. (2019). Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Abdimas, 23(2), 165–169.

Welly, W., Arifin, M. S., Ghozali, R., & Sabrina, N. (2021). Analisis Transparansi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Website Se-Jawa Bali. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 157–167.

Biografi Penulis

Junita Lubis, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnin

Khairul Rizal, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Dan Teknologi

Aulia Indra, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Zuriani Ritonga , Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).