Pemanfaatan Pestisida Dan Pupuk Organik Cair Limbah Kulit Bawang Merah Di Desa Mranggon Lawang

Penulis

Aprilia Hartanti , Moch. Suud , Lukman Hakim , Indah Rizqiah , Siti Ulfa Nuraini , Eka Safitri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5129

Diterbitkan:

2023-09-17

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pupuk Organik Cair, Pestisida, Kulit Bawang Merah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hartanti, A. ., Suud, M. ., Hakim, L. ., Rizqiah, I., Nuraini, S. U. ., & Safitri, E. . (2023). Pemanfaatan Pestisida Dan Pupuk Organik Cair Limbah Kulit Bawang Merah Di Desa Mranggon Lawang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 635–639. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5129

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Probolinggo merupakan daerah produsen bawang merah yang terkenal Jawa Timur, salah satunya sentra bawang merah berada di Desa Mranggon Lawang Kecamatan Dringu. Proses penyeleksian bawang merah dihasilkan limbah berupa kulit dan daun kering yang banyak jumlahnya. Demikian juga dengan proses produk bawang merah tidak hanya berhenti disiapkan dalam rumah tangga saja, namun juga diproduksi secara komersil, oleh industri kecil, menengah maupun besar. Hal ini mengakibatkan tertumpuknya limbah kulit bawang merah yang berserakan dan terbuang sia-sia. Kulit bawang merah memiliki beberapa kandungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman karena berfungsi sebagai pupuk organik cair dan mengandung beberapa jenis hormon yang dapat digunakan sebagai pestisida. Berdasarkan banyaknya manfaat dari kulit limbah bawang merah maka dilakukan pemanfaatan kulit bawang merah sehingga dapat mengurangi dampak terhadap pencemaran lingkungan serta dapat menambah penghasilan bagi masyarakat Desa Mranggon Lawang

Referensi

Fakhri Rinzani, S. dan A. (2020). Pemnafaatan Limbah Kulit Bawang Merah sebagai Pupuk Organik Cair pada Budidaya Tanaman Bayam di Kelurahan Benteng Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.

Hayati, N., Fitriyah, L. A., Berlianti, N. A., & Af’idah, N. (2022). Optimization of Shallot Waste as Organic Liquid Fertilizer for Vegetable Ornamental Plant Cultivation. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 7(1)(1), 739–746. https://doi.org/10.21067/jpm.v7i1.5958

Rahayu, S., Urniasih, N. K., & Malia, D. (2015). Limbah Kulit Bawang Merah Sebagai Antioksidan Alami. Al Kimiya, 2(1), 1–8.

Sekaringgalih, R., Rachmah, A. N. L., Susanti, Y., A’yun, A. Q., & Ansori, A. (2023). Edukasi Pembuatan Pestisida Nabati dari Kulit Bawang Merah di Desa Bagorejo Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 318–327. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.335

Yunus, E. Y., Hamdana, A. K., Wicaksono, Y., Zunaidi, B. S., & Arliansyah, A. A. (2022). Pendayagunaan Limbah Kulit Bawang Merah sebagai Bahan Pembuatan Pestisida Organik pada Desa Sekarkare. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 216–219.

Biografi Penulis

Aprilia Hartanti, Universitas Panca Marga

Moch. Suud, Universitas Panca Marga

Lukman Hakim, Universitas Panca Marga

Indah Rizqiah, Universits Panca Marga

Siti Ulfa Nuraini, Universitas Panca Marga

Eka Safitri, Universitas Panca Marga

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).