Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Lingkungan Pada Pembelajaran Kimia

Penulis

Eka Junaidi , Saprizal Hadisaputra , Lalu Rudyat Telly Savalas , Syarifa Wahidah Al Idrus , Ermia Hidayanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5174

Diterbitkan:

2023-09-14

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Green Chemistry, Limbah Lingkungan, Micro Scale Laboratory, Praktikum

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Junaidi, E. ., Hadisaputra, S. ., Savalas, L. R. T. ., Idrus, S. W. A. ., & Hidayanti, E. . (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Lingkungan Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 684–688. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5174

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Masalah lingkungan saat ini menjadi perhatian dunia karena kondisinya yang sangat mengkhawatirkan. Kurikulum kimia perlu mengintegrasikan konten yang dapat mengedukasi peserta didik untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada peserta terhadap konsep green chemistry dan pemanfaatan limbah lingkungan sebagai bagian dari green chemistry. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan antusias peserta dalam pelaksanaan kegiatan yang dapat diamati mulai dari merespon pertanyaan pematik hingga memberikan pertanyaan terkait konten pengabdian yang disampaikan oleh tim. Evaluasi kegiatan menunjukkan respon positif melalui jawaban sangat setuju dan setuju yang mendominasi jawaban peserta. Implementasi pada siswa sekolah menengah menunjukkan antusias yang sama saat pengenalan micro scale laboratory yang memenuhi salah satu prinsip dari green chemistry. Tanggapan dosen kimia secara langsung menunjukkan perlu ada kegiatan selanjutnya berupa workshop dalam melatih mahasiswa calon guru dalam pelaksanaan praktikum menggunakan limbah atau micro scale laboratory. Dengan demikian mahasiswa dapat melaksanakannya saat menempuh kegiatan praktik mengajar di sekolah.

Referensi

Anastas, P.T., Warner, J.C., 1998. Green Chemistry: Theory and Practice. Oxford University Press, New York.

de Marco, B.A., Rechelo, B.S., Tótoli, E.G., Kogawa, A.C., Salgado, H.R.N. (2019). Evolution of green chemistry and its multidimensional impacts: A review. Saudi Pharmaceutical Journal, 27, 1-8.

Etzkorn, F. A., & Ferguson, J.L. (2023). Integrating Green Chemistry into Chemistry Education. : Angew. Chem. Int. Ed., 62, 1-6.

Guerris, M., Cuadros, J., González-Sabaté, L., & Serrano, V. (2020). Describing the public perception of chemistry on twitter. Chemistry Education Research and Practice, 21, 989-999. doi: 10.1039/C9RP00282K.

Junaidi, E., Siahaan, J., & Hakim, A. (2020). Bioadsorben Salinitas Sederhana berbasis Limbah Lingkungan. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 165-170

Machado, R., & Anderson, K.R. (2020). Celebrating Chemistry CCEW 2020: Protecting Our Planet through Chemistry. Protecting Our Planet through Chemistry - American Chemical Society (acs.org)

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).