Penyuluhan Tentang Porsi Sayuran dan Buah-Buahan Dalam Isi Piringku untuk Menjaga Gizi Seimbang

Penulis

Kusmiyati , Khairuddin , Dewa Ayu Citra Rasmi , Prapti Sedijani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5186

Diterbitkan:

2023-09-17

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Porsi Sayuran, Buah-Buahan, Isi Piringku, Gizi Seimbang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati, Khairuddin, Rasmi, D. A. C. ., & Sedijani, P. . (2023). Penyuluhan Tentang Porsi Sayuran dan Buah-Buahan Dalam Isi Piringku untuk Menjaga Gizi Seimbang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 705–709. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5186

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang porsi sayuran dan buah-buahan dalam isi piringku untuk menjaga gizi seimbang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 13 Juli 2023 di SDN 1 Sesela, Gunungsari Lombok Barat. Penyampaian materi dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab, selain itu dilakukan pretes dan postes untuk mengetahui peningkatan pemahaman tentang porsi sayuran dan buah-buahan dalam isi piringku untuk menjaga gizi seimbang. Antusias peserta didik sangat tinggi, terlihat pada saat mengerjakan pretes maupun postes semua peserta didik mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan bekerja sendiri-sendiri. Pada waktu penyampaian materi mereka merespon dengan sangat baik. Hasil penghitungan gain ternormalisasi sebesar 0,50. Kesimpulan: (1), Pemahaman tentang porsi sayuran dan buah-buahan untuk menunjang gizi seimbang peserta didik SDN 1 Sesela meningkat dalam kategori sedang; (2). Konsumsi sayuran dan buah-buahan sesuai porsi dalam isi piringku akan menjaga gizi seimbang.

Referensi

Anonim. 2019. Stunting hingga obesitas masih menghantui di tahun 2019. https://fkui.ac.id/info sehat/stunting hingga obesitas

Asy’ari, Saefi, M. & Cholid, F. 2016. Strategi PQ4R terintegrasi model Team quiz berbasis e-learning dalam memperdayakan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 80-98

Burahman. 2007. Strategi dan model-model pembelajaran aktif. Jakarta: Rineka Cipta

Hartono,M. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. https://pgsd.binus.ac.id/2022/12/17/projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Idris, M. 2020. Survei BPS 2020. Kompas.com

Kemenkes RI. 2018. Isi piringku sekali makan. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM). https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/isi-piringku-sekali-makan

Menkes RI. 2014. PMK RI no 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Rokom, 2018, Potret Kesehatan Indonesia dari Riskesdas 2018. https://sehatnegrikukemkes.go.id

Satria,R. dkk. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan standart, kurikulum dan asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Slameto. 2013. Belajar dan fakor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Rineka cipta

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).