Pelatihan Deteksi Cepat Kesuburan Tanah dan Sosialisasi Varietas Unggul Baru Padi Bagi Poktan Tani Setia untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Desa Jambearum

Penulis

Vega Kartika Sari , Basuki , Yeni Dwi Rahayu

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5203

Diterbitkan:

2023-09-17

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Fast detection, Soil fertility, Paddy fields, Superior varieties

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sari, V. K., Basuki, & Rahayu, Y. D. (2023). Pelatihan Deteksi Cepat Kesuburan Tanah dan Sosialisasi Varietas Unggul Baru Padi Bagi Poktan Tani Setia untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Desa Jambearum. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 723–726. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5203

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sebagian besar penduduk Jember bermata pencaharian sebagai petani dengan berbagai komoditas seperti tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Pertanian yang terletak di perbatasan kabupaten di kaki gunung, masih sedikit terjamah informasi seperti Poktan Tani Setia. Poktan Tani Setia terletak di Desa Jambearum pada ketinggian 260–500 meter di atas permukaan laut, dengan topografi landau hingga pegunungan. Hasil identifikasi awal kelompok tani loyal adalah kurangnya pengetahuan terkait identifikasi kesuburan tanah dan jenis varietas unggul baru (VUB) padi. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melakukan pelatihan dan sosialisasi varietas padi unggul baru dari beberapa varietas padi Inpari dan deteksi cepat kesuburan tanah menggunakan alat deteksi portable guna meningkatkan adopsi petani terhadap VUB dan meningkatkan rata-rata produksi padi di Desa Jambearum. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan antara lain sosialisasi dan pelatihan yang melibatkan peserta untuk berperan aktif dalam kegiatan dan langsung praktek. Hasil kegiatan menunjukkan anggota Poktan mendapatkan wawasan mengenai jenis Inpari yang baru dirilis Kementerian Pertanian dan pentingnya memperhatikan pH serta menjaga kesuburan tanah melalui pemberian pupuk organik, serta mampu mengoperasikan alat pendeteksi pH dan kesuburan tanah.

Referensi

Basuki, B., Sari, V. K., & Mandala, M. (2022). Pemanfaatan bahan organik sebagai solusi solum tanah dangkal di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kaki Gunung Raung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 208-213.Alqamari, M., Tarigan, D.M., dan Alridiwirsah. (2017). Budidaya Tanaman Obat & Rempah. UMSU Press. Medan

Basuki, B., Romadhona, S., Sari, V. K., & Erdiansyah, I. (2021). Karakteristik Iklim dan Tanah Vulkanis di Sisi Barat Gunung Api Ijen Jawa Timur Sebagai Dasar Penentu Pengelolaan Varietas Tanaman Padi (Oriza sativa L.), 21(2), 108-117.

Basuki, B., Sari, V. K., Tanzil, A. I., Erdiansyah, I., & Kurniawan, F. (2022). Budidaya Padi Integrasi Pertanian dan Peternakan

Mendukung Produktivitas Padi. KHD Production. Jember

Basuki, B., & Sari, V. K. (2020). Efektifitas Dolomit Dalam Mempertahankan pH Tanah Inceptisol Perkebunan Tebu Blimbing Djatiroto. Bul. Tanam. Tembakau, Serat Miny. Ind. 11, 58.

BPS Kab. Jember. (2023). Kabupaten Jember Dalam Angka Tahun 2023. BPS Kabupaten Jember

Erdiansyah, I., Eliyatiningsih,E., Nurahmanto, D., Sari, V.K. (2020). Pembibitan Tanaman Herbal di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Selaparang 4(1): 264-

Jaenuristy, D. N., Azizah, E., Samaullah, M. Y., Harmansis, A., & Pramudyawardani, E. F. (2022). Keragaan Agronomi Galur-Galur Padi (Oryza sativa L.) dengan Potensi Hasil Tinggi di Dataran Rendah Sukamandi. Agrikultura, 33(2), 189-199.

Kementan RI. (2021). Inpari 49 Jembar. https://pustaka.setjen.pertanian.go.id/index- berita/inpari-49-jembar. Diakses 3

September 2023.

Pertami, R. R. D., Eliyatiningsih, E., Salim, A., & Basuki, B. (2022). Optimasi Penggunaan Lahan Berdasarkan Kelas Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Tanaman Cabai Merah Di Kabupaten Jember. Jurnal Tanah Dan Sumberdaya Lahan 9(1): 163–

Puslitbangtan. (2016). Buku Saku Deskripsi Varietas Unggul tanaman Pangan 2010- 2016. Balitbangtan. Puslitbangtan. Kementerian Pertanian.

Sari, V. K., Mandala, M., Basuki, & Utami, R. A. (2023). Pengembangan Pertanian Terpadu di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember melalui Pengkayaan Pupuk Organik dengan Mikroba Fungsional. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 20-24.

Biografi Penulis

Vega Kartika Sari, Universitas Jember

Fakultas Pertanian, Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).