Sosialisasi Pertanian Organik Sistem Hidroponik untuk Membangun Ketahanan Pangan Keluarga di Desa Meraran KSB

Penulis

Aluh Nikmatullah , Hery Haryanto , Nurrachman , Maslia Qomar , Ari Apriani , Anton , Husnul Khotimah , Jami'atul Aulia , Abdul Rahman , Fatur Rahman

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i3.5261

Diterbitkan:

2023-09-19

Terbitan:

Vol 6 No 3 (2023): Juli - September

Kata Kunci:

Pertanian Organik; Hidroponik; Walter Culture; Ketahanan Pangan; Danau Lebo

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nikmatullah, A. ., Haryanto, H. ., Nurrachman, Qomar, M. ., Apriani, A. ., Anton, … Rahman, F. . (2023). Sosialisasi Pertanian Organik Sistem Hidroponik untuk Membangun Ketahanan Pangan Keluarga di Desa Meraran KSB. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(3), 778–782. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i3.5261

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian sosialisasi pertanian organik  sistem  hidroponik untuk membangun ketahanan pangan keluarga di Desa Meraran KSB telah dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang ketahanan pangan,  pertanian organic dan   metode hidroponik sistem  Walter Culture. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi,  tanya jawab dan demonstrasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa jumlah peserta kegiatan pengabdian sesuai dengan ekspektasi Tim Pengabdi, yaitu 30 orang. Kegiatan ini telah berjalan dengan lancar dan sukses ditandai dengan antusiasme peserta selama kegiatan. Antusiasme peserta kegiatan sosialisasi pertanian organic berbasis system Walter Culture hidroponik ditunjukkan dengan keseriusan peserta dalam menyimak materi dan juga aktif peserta bertanya.

Referensi

Handayani, N., Purnawati, R., & Hasanah, U. (2021). The potential of hydroponic systems as an alternative solution to food security. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 739(1), 012045.

https://www.bulog.co.id/beraspangan/ketahanan-pangan/).

Isnawan, B.H. dan Mulyono, 2016. Beberapa Sistem Hidroponik & Cara Budidaya Tanaman Dengan Hidroponik Sistem Sumbu. Makalah. Disampaikan pada Penyuluhan dan Pelatihan Hidroponik di Desa Kranggan, September 2016.

Mardika, R., Suharyono, & Purbajanti, E. D. (2020). Analysis of hydroponic systems in providing environmentally friendly vegetable needs. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 423(1), 012049.

Putra, A. M., Purwanto, H., & Hubeis, A. V. (2018). Study on hydroponics system: A case study in floating and non-floating hydroponic system. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 157(1), 012017.

Syamsir, A., Aslina, N., & Amelia, N. (2019). Analysis of the application of hydroponics technology for sustainable agriculture in North Lombok Regency. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 327(1), 012038.

Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan

Biografi Penulis

Fatur Rahman, Mataram University

biology mata air indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).